Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mahasiswa UIN Bandung Tampil Di IMUN Online Conference 2020

Senin, 7 Desember 2020 00:25 WIB
International Model United Nations (IMUN) Online Conference 34.0 (Foto: Istimewa)
International Model United Nations (IMUN) Online Conference 34.0 (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Muhamad Yoga Firdaus, mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin (FU) semester VII, tampil di International Model United Nations (IMUN) Online Conference 34.0, Sabtu (5/12). Yoga hadir bersama pemuda dari seluruh dunia untuk belajar dan berbagi ide dari beragam pengalaman dan latar belakang, ketika Dewan Eksekutif, Pers Internasional, dan Delegasi Internasional berkonsolidasi untuk belajar tentang diplomasi, hubungan internasional, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Capaian ini membuat pihak kampus UIN Bandung bangga. "Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang luar biasa. Dengan ucapan alhamdulillah. Saya sampaikan selamat untuk para mahasiswa yang tampil dan mempresentasikan makalahnya di konferensi internasional. Ini sebuah prestasi yang membanggakan bagi civitas akademika UIN Bandung. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lain. Prinsipnya selagi kita mau usaha dan kerja keras tentu akan diperoleh hasilnya, man jaddà wa jada," ucap Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof Ah. Fathonih, Minggu (6/12).

Baca juga : Dalam Sebulan, 9 Mahasiswa UIN Bandung Raih Prestasi Nasional Dan Internasional

Sesuai dengan semangat PBB, IMUN berupaya untuk mendorong forum konstruktif untuk dialog terbuka tentang masalah global yang kompleks, termasuk perdamaian dan keamanan internasional serta kemajuan ekonomi dan sosial. IMUN menekankan pemeriksaan mendalam dan penyelesaian masalah mendesak dengan menekankan proses daripada hasil. Namun, ada batasan untuk negosiasi, terutama ketika diplomasi internasional dan kepentingan besar terlibat. Diharapkan, melalui IMUN, mahasiswa dapat belajar pentingnya menyeimbangkan kepentingan nasional dengan kebutuhan dunia internasional.

Mohneesh Bhardwaj, Executive Chairman, India, pada laman IMUN 2020 menuliskan mengucapkan terima kasih kepada semua delegasi karena telah menjadi bagian dari agen perubahan. “Bersama-sama mari terus menjadi bagian dari perjalanan dalam pembentukan para pemimpin,” tuturnya.

Baca juga : Transaksi Nontunai Di SPBU Pertamina Jatimbalinus Naik 62 Persen

Kepala Kelas Menulis, Wahyudin Darmalaksana mengatakan, IMUN 2020 merupakan panggung pembelajaran Kampus Merdeka. “Let's go outside the classroom for swimming in the open ocean! Pasti segera kami lapor perkembangan yang membahagiakan ini ke Pak Rektor,” ungkap Dekan Fakultas Ushuluddin tersebut.

Di sela-sela konferensi, Yoga mengaku sangat senang, “Alhamdulillah paper saya diterima dan terpilih, hingga berkesempatan menjadi presenter di International IMUN 34.0 2020, meskipun berlangsung secara daring. Kesempatan emas ini menjadi ajang belajar yang mampu melahirkan ide-ide konstruktif-solutif bagi permasalahan terkini. Saya bangga menjadi mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati yang bisa mewakili Indonesia untuk tampil di agenda internasional ini,” ujarnya.

Baca juga : ITB-UIN Bandung Gelar ICWT 2020 Virtual

Di ajang itu, Yoga mempresentasikan ide tentang “Economic Growth in Child Labour” secara khusus yang ada di Estonia. “Lalu saya memberikan ide-ide tersebut dalam bentuk solusi dan resolusi konstruktif yang dapat ditendensikan dengan afiliasi organisasi dunia seperti ILO hingga UNICEF," jelasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.