Dark/Light Mode

Duta Besar Kanada Untuk Indonesia Cameron MacKay

Bersama 39 Dubes Dan Kemlu Say No To Manel

Senin, 8 Maret 2021 07:25 WIB
Duta Besar Cameron MacKay (pojok kiri atas) menggalang dukungan #nomanelpledge. (Foto : Istimewa).
Duta Besar Cameron MacKay (pojok kiri atas) menggalang dukungan #nomanelpledge. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Perdana Menteri Kanada Jus­tin Trudeau adalah tokoh He­forShe untuk kesetaraan gender. Di bawah kepemimpinanya, Kanada telah mengadopsi Ke­bijakan Bantuan Internasional Feminis untuk mengentaskan kemiskinan dan membangun dunia yang lebih damai, inklusif dan sejahtera.

Di Indonesia, Kanada sejak lama ikut memajukan kesetaraan gender dan pemberdayaan perem­puan dan anak perempuan melalui program pembangunan interna­sionalnya, dan melalui kegiatan diplomasi dan advokasi.

Hari Perempuan

Baca juga : Boyong Pebisnis Temui Kang Emil

Hari Perempuan Internasional diperingati setiap 8 Maret untuk merayakan pencapaian perempuan sepanjang sejarah dan lintas negara. Hari ini juga dikenal sebagai Hari PBB untuk Hak-Hak Wanita dan Perdama­ian Internasional.

Dilansir website International Women’s Day (IWD). Hari Perempuan Internasional pertama dirayakan pada 19 Maret 1911. Acara perdananya meliputi aksi unjuk rasa dan pertemuan merupakan keberhasilan besar negara-negara seperti Austria, Denmark, Jerman dan Swiss.

Dipilihnya 19 Maret, karena memperingati hari ketika raja Prusia berjanji untuk memberi­kan suara bagi para wanita pada tahun 1848.

Baca juga : Ekonomi Biru: Kerja Sama ASEAN-India

Janji itu memberi harapan akan kesetaraan, tetapi itu adalah janji yang gagal dia pertahankan. Tanggal Hari Perempuan Inter­nasional pun kemudian dipin­dahkan ke 8 Maret 1913.

Kemudian, PBB merayakan Hari Perempuan Internasional pada 1975 dengan mengadakan konferensi pertama tentang wanita di Mexico City.

Dua tahun kemudian, Maje­lis Umum PBB mengundang negara-negara anggota untuk menyatakan 8 Maret sebagai Hari PBB untuk Hak-Hak Perempuan dan Perdamaian Internasional. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.