Dark/Light Mode

Duta Besar Kanada Untuk Indonesia Cameron MacKay

Bersama 39 Dubes Dan Kemlu Say No To Manel

Senin, 8 Maret 2021 07:25 WIB
Duta Besar Cameron MacKay (pojok kiri atas) menggalang dukungan #nomanelpledge. (Foto : Istimewa).
Duta Besar Cameron MacKay (pojok kiri atas) menggalang dukungan #nomanelpledge. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka perayaan Hari Perempuan Internasional, hari ini, Duta Besar Kanada Cameron MacKay bersama 39 dubes lainnya dan tiga Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI), menegaskan kem­bali komitmen mereka untuk inklusivitas gender.

Mereka berikrar hanya akan berpartisipasi sebagai pembicara dalam diskusi panel, konferensi atau webinar jika ada perempuan yang duduk sebagai panelis.

Ini tidak termasuk perempuan sebagai moderator atau pembawa acara, karena ini hanya merupakan peran fasilitator daripada memperlakukan perempuan secara setara dalam wacana publik.

Baca juga : Boyong Pebisnis Temui Kang Emil

“Separuh dari penduduk dunia, suara perempuan masih kurang terwakili dan sering kali tidak dilibatkan dalam diskusi publik. Kita harus mengubah ini,” kata Dubes Cameron MacKay.

“Saya sangat senang, banyak sekali rekan dari kalangan diplo­matik dan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang bergabung dalam memberikan kontribusi yang berarti ini bagi kesetaraan gender,” jelasnya.

Menurut dia, dengan mem­bantu mengakhiri panel yang hanya beranggotakan laki-laki atau ‘manel’, kita akan dapat mewakili keragaman dunia dan membantu memastikan bah­wa suara perempuan didengar dan dapat berpartisipasi dalam masyakarat.

Baca juga : Ekonomi Biru: Kerja Sama ASEAN-India

“Saya mengajak semuanya bergabung dan ikut berikrar menolak manel,” ajak mantan Dubes untuk Kosta Rika, Hon­duras dan Nikaragua itu.

Ikrar No Manel Pledge digagas pertama kali oleh Koordinator Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Indonesia, Valerie Jul­liand, awal tahun ini. Hari ini, 40 kedutaan besar telah ikut berikrar termasuk Kanada, Afghanistan, Argentina, Australia, Austria, Bangladesh, Belgia, Brazil, Chili, Kroasia, Denmark, Uni Eropa, Finlandia, Perancis, Geor­gia, Jerman, Yunani, Hungaria, India, Italia, Jepang, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Nige­ria, Norwegia, Oman, Filipina, Slovakia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol, Sri Lanka, Swedia, Swiss, Timor-Leste dan Inggris.

Memajukan kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan dan anak peremuan adalah prioritas utama bagi Kanada.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.