Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rusia Dan Indonesia Makin Mesra Di Tengah Pandemi

Kamis, 24 Desember 2020 06:53 WIB
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva saat peringatan Hari Perempuan Internasional, Maret lalu di Jakarta.(Foto: Kartika Sari/Rakyat Merdeka)
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva saat peringatan Hari Perempuan Internasional, Maret lalu di Jakarta.(Foto: Kartika Sari/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 tidak membuat kerja sama terhalang. Meski tak bisa bertemu langsung, hubungan diplomatik Indonesia-Rusia malah kian erat. Banyak pencapaian kedua negara sepanjang tahun ini.

Dalam jumpa pers akhir tahunnya, kemarin, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva memaparkan hal ini. Apalagi, tahun ini Jakarta dan Moskow memperingati 70 Tahun Hubungan Diplomatik. “Kita baru saja merayakan 70 tahun hubungan diplomatik. Ada banyak rencana untuk merayakannya. Sayang, hanya sedikit yang bisa diwujudkan,” ujar Dubes perempuan berambut pirang itu, dalam jumpa pers virtual kemarin.

Baca juga : Menteri Rangkap Jabatan Rawan Celakakan Partai

Lyudmila juga mengatakan, ia kangen berkumpul dan berbincang langsung dengan awak media, rekan bisnis, pejabat hingga warga Indonesia. “Sayangnya, pandemi memaksa kita harus puas dengan bertemu secara virtual. Kita sudah berhasil bertahan hingga akhir tahun ini. ayo, semangat jalani tahun yang baru,” ujarnya.

Sebagai penutup peringatan 70 tahun hubungan bilateral Rusia-Indonesia, ada tiga kapal perang angkatan Laut rusia bersandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, pada 14 Desember hingga 17 Desember lalu. Kapal-kapal itu melaksanakan port call dan latihan bersama di perairan Surabaya.

Baca juga : Kerek Kandungan Lokal, Mitsubishi Indonesia Produksi Mesin XPander

Di antara kapal itu ada jenis Varyag. Kapal tersebut dilengkapi 16 peluncur rudal anti kapal P-500 Bazalt, rudal permukaan ke udara jarak jauh, serta rudal permukaan ke udara jarak pendek.

“Kedatangan kapal perang rusia merupakan bentuk kerja sama kuat antara dua kekuatan angkatan laut kita, serta rasa percaya antara satu sama lain,” jelas mantan Dubes Rusia untuk Malaysia itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.