Dark/Light Mode

Duta Besar Jerman Untuk Indonesia Peter Schoof

Girang Vaksin AstraZeneca Tiba Di Tanah Air

Jumat, 12 Maret 2021 08:29 WIB
Duta Besar Jerman untuk Indonesia Peter Schoof. (Foto: Kedubes Jerman)
Duta Besar Jerman untuk Indonesia Peter Schoof. (Foto: Kedubes Jerman)

 Sebelumnya 
Schoof memastikan, Jerman belum akan berhenti memberikan bantuan pendanaan untuk penanganan pandemi Covid-19 secara global. akhir Februari lalu, terangnya, Jerman telah menambahkan dana sebesar 1,5 miliar Euro untuk Access to Covid-19 Tools Accelerator (ACT - Accelerator).

Sebagian besar dana tersebut akan disalurkan untuk Covax dan sisanya akan digunakan untuk alat diagnostik dan obat-obatan penanganan Covid-19.

Baca juga : BPOM Terbitkan Izin Darurat Vaksin AstraZeneca, Efikasi 62,1 Persen

Covax yang menangani pengiriman vaksin Covid-19 AstraZeneca ke Indonesia, adalah lembaga bentukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang ditujukan agar vaksin bisa di akses semua negara. WHO mengimbau negara-negara yang ingin memberikan bantuan vaksin Covid-19 untuk melakukannya via Covax agar penyebarannya bisa merata.

Target WHO dan Covax, seluruh negara sudah mendapat jatah vaksin Covid-19 per triwulan pertama 2021. Sasaran utama Covax untuk akhir 2021 adalah pengadaan dan penyediaan 2 miliar vaksin untuk seluruh negara yang ikut serta dalam fasilitas Covax.

Baca juga : Alhamdulillah 1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Telah Tiba Di Tanah Air

Fasilitas Covax yang dipimpin Aliansi Vaksin (Gavi), WHO, dan koalisi Inovasi kesiapsiagaan Epidemi atau Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI), bertanggung jawab atas pengadaan dan pengedaran vaksin secara adil. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.