Dark/Light Mode

Ayo Ikutan, Kemlu Jepang Gelar Kontes Manga

Kamis, 11 April 2019 07:41 WIB
Ayo Ikutan, Kemlu Jepang Gelar Kontes Manga

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Luar Negeri Jepang bersama The Japan Foundation menyelenggarakan Kontes Manga Internasional ke-13 dan membuka pendaftaran untuk peserta Indonesia. Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Senin (8/4) mengajak para ilustrator amatir Indonesia ikut meramaikan kontes berskala global ini. Periode pendaftaran untuk kontes membuat komik khas Jepang (manga) dimulai 8 April hingga 14 Juni.

Dokumen pendaftaran untuk mengikuti kontes dapat dikirim ke Kedutaan Besar Jepang di Indonesia di Jalan M.H. Thamrin 24 Jakarta Pusat 10350 dengan batas waktu pengiriman paling lambat 14 Juni (berkas sampai di Kedutaan Besar Jepang). Dokumen pendaftaran juga dapat dikirimkan ke PO BOX khusus. Keterangan detail bisa diakses melalui situs https://www.manga-award.mofa.go.jp/index_e.html/. Dari semua karya yang diterima nanti, komik terbaik akan menerima "Gold Award" dan tiga terbaik lainnya masing-masing akan mendapatkan "Silver Award".

Baca juga : Layani Penumpang, MRT Belum Memuaskan

Para penerima penghargaan akan diundang ke Jepang untuk menghadiri upacara penyerahan penghargaan. Selama berada di Jepang, para pemenang juga dijadwalkan akan bersilaturahmi dengan manga-ka (komikus) Jepang dan melakukan kunjungan ke penerbit komik.

Untuk pengumuman para pemenang akan dilakukan pada Desember 2019, sementara untuk upacara penyerahan penghargaan direncanakan dilaksanakan pada Februari 2020.

Baca juga : Stabilkan Harga, Kementan Gelar OP Bawang Merah & Bawang Putih 

Penghargaan Manga Internasional ditetapkan pada Mei 2007 atas inisiatif dari Menteri Luar Negeri Jepang saat itu, Aso Taro, dan hingga kini diselenggarakan setiap tahun. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengakuan kepada para komikus yang berkontribusi bagi penyebaran budaya manga. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.