Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pelajar BIPA KBRI Paris Tembus 6 Kelas

Kamis, 15 April 2021 22:49 WIB
Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Paris, Prof Warsito.
Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Paris, Prof Warsito.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) kembali digelar oleh KBRI di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Pemberlakukan jam malam dan pembatasan aktivitas di Prancis tidak membatasi semangat dan keinginan para pelajar BIPA untuk mengikuti kegiatan belajar Bahasa Indonesia secara daring.

Bahasa Indonesia merupakan aset penting dalam mendukung dan memperkuat hubungan diplomasi antara Indonesia dan Prancis. Karena itu, program Pengenalan BIPA sangat penting dan telah menjadi program bersama Kemenlu dan Kemendikbud.

Baca juga : Yuk, Disiplin Prokes Dan Kendalikan Nafsu

KBRI Paris secara rutin mengadakan kelas BIPA sebanyak dua semester tiap tahun. Pembelajaran untuk semester ini dimulai pada Senin (12/4/2021). Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Paris, Prof Warsito menyampaikan, pada semester ini pendaftar kelas BIPA di KBRI Paris mencapai 250 orang warga Prancis. Namun, kapasitas penyelenggaraan hanya tersedia untuk 6 kelas.

Peserta yang mendaftar berasal dari berbagai kota di Prancis, seperti Paris, Lyon, Marseille, Toulouse, Bordeaux, dan ada 4 peserta dari luar Prancis. Sementara profesi peserta kelas BIPA juga beragam, mulai dari seniman, pelajar, direktur, pengajar, web developper, pilot, pensiun, teknisi, dan sebagainya.

Latar belakang ketertarikan mengikuti kelas BIPA juga beragam, di antaranya alasan profesi/akademik, ingin bekerjasama, mengapresiasi budaya-budaya yang ada di Indonesia, dan juga ada yang karena ingin berkunjung ke Indonesia.

Baca juga : Sambut Perubahan Era Baru, BFI Finance Terus Berformulasi

Pembelajaran akan berlangsung secara daring, sebanyak 20 kali pertemuan, dan tiap pertemuan selama 1,5 jam. Sebanyak 168 orang tersebar di 6 kelas dengan 3 tingkatan berbeda yaitu, Pemula, Menengah, dan Mahir.

Secara khusus, KBRI Paris juga menargetkan adanya pembelajaran BIPA baru di universitas Prancis. Dalam mempromosikan BIPA di Prancis, KBRI Paris juga memiliki dua program utama, yaitu BIPA goes to campus dan BIPA for French.

Kedua program tersebut direalisasikan melalui beberapa kegiatan, yaitu penyelenggaraan pembelajaran BIPA, lomba pidato – bercerita – presentasi -mengarang, pemutaran film, dan juga kegiatan yang terintegrasi dengan pendidikan dan budaya. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.