Dark/Light Mode

Waspada! Penipuan Berkedok Lowongan Kerja Di Kamboja

Sabtu, 1 Mei 2021 13:07 WIB
Waspada! Penipuan Berkedok Lowongan Kerja Di Kamboja

RM.id  Rakyat Merdeka - Para calon tenaga migran dan WNI yang ingin bekerja di Kamboja, diimbau untuk terlebih dahulu melakukan pengecekan dan keabsahan berbagai perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan di Kamboja. Yakni melalui Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Kedutaan Besar Kerajaan Kamboja di Indonesia, serta KBRI Phnom Penh, terutama terkait lokasi dan informasi lowongan pekerjaan yang ditawarkan.

Selain itu, warga diimbau membaca dan memahami kontrak kerja secara teliti, sebelum menerima pekerjaan dan berangkat ke Kamboja.

Baca juga : BKS Tegaskan, Tak Ada Penerbangan Reguler Dari India

Bagi para pekerja migran atau WNI yang telah sampai di Kamboja, juga diimbau agar dapat melakukan lapor diri melalui portal https://peduliwni.kemlu.go.id/. Dengan melakukan lapor diri, akan membuat pelayanan dan pelindungan kepada WNI yang berada di luar negeri menjadi lebih optimal.

Imbauan ini disampaikan secara resmi oleh KBRI Phnom Penh melalui RM.id, agar WNI yang mau bekerja di Kamboja bisa lebih berhati-hati. Mengingat pendemi Covid-19 yang masih berlangsung selama lebih dari satu tahun, telah menciptakan banyak pengangguran baru.

Baca juga : Jangan Menyerah Dengan Keadaaan

Kondisi ini dimanfaatkan oleh banyak perusahaan bodong (illegal) di luar negeri. Salah satunya di Kamboja, dengan melakukan penipuan berkedok lowongan kerja kepada pekerja migran Indonesia.

Modus yang kerap dilakukan, jelas rilis resmi tersebut, yaitu dengan mengiklankan lowongan pekerjaan melalui media sosial dengan keterangan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang investasi, niaga-el (e-commerce), informasi teknologi (IT), dan sebagainya.

Baca juga : Kowani Ajak Perempuan Indonesia Tingkatkan Literasi

Tentu dengan iming-iming, berupa fasilitasi tiket dan akomodasi gratis, kenaikan gaji secara berkala, serta fasilitas lainnya selama di Kamboja. Acap kali ketika sudah sampai di Kamboja, isi kontrak dan kondisi lingkungan kerja berbeda dengan yang telah ditawarkan. [RSM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.