Dark/Light Mode

KBRI Roma Peringati Nuzulul Quran Virtual Bareng Diaspora

Rabu, 5 Mei 2021 19:13 WIB
KBRI Roma bersama diaspora muslim Indonesia menggelar pengajian dan doa bersama secara virtual memperingati Nuzulul Qur’an. (Foto: Ist)
KBRI Roma bersama diaspora muslim Indonesia menggelar pengajian dan doa bersama secara virtual memperingati Nuzulul Qur’an. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Roma bersama diaspora muslim Indonesia menggelar pengajian dan doa bersama secara virtual untuk memperingati dan memaknai Nuzulul Qur’an.

Acara yang digelar bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional, Minggu (2/5) ini diikuti lebih dari 50 keluarga WNI, mahasiswa dan diaspora Indonesia di berbagai kota di Italia seperti Roma, Milan, Turin, dan Venice.

"Surat pertama yang turun dalam Al Qur’an yaitu Al Alaq, berbunyi, Iqra (Bacalah), dengan menyebut nama Tuhan-mu yang menciptakan. Tentunya perintah Allah Swt tersebut sangat terkait dengan perintah membaca, berpikir, meneliti, terkait dengan pengajaran serta pendidikan," kata Duta Besar Indonesia untuk Italia Esti Andyani saat membuka acara.

Acara virtual ini menghadirkan penceramah alumnus Universitas Al Azhar Cairo dan dosen UIN Raden Intan, Ahmad Ikhwani.

Baca juga : Buruh Dikasih Kado Vaksin

Dubes Esti mengimbau seluruh WNI dan diaspora Indonesia untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, serta tetap menjaga kewaspadaan dan menaati seluruh ketentuan atau peraturan penanganan Covid-19.

Mencermati perkembangan media sosial saat ini, Dubes Esti juga mengingatkan seluruh pihak untuk tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan, dan menggunakan media sosial secara bijak, menghindari komentar dan penyebaran informasi hoaks, provokatif, mengadu domba, saling merendahkan dan menjelekkan, serta tindakan negatif lainnya.

Sementara itu, Ahmad Ikhwani menjelaskan berbagai hikmah Nuzulul Qur’an dikaitkan dengan pandemi Covid-19. Misalnya pentingnya pendidikan, menjaga kesabaran, rasa syukur, tolong menolong dan bekerja sama, serta pentingnya menjalankan prioritas kehidupan.

"Ayat Iqra dalam Al-Alaq tidak disebutkan obyeknya secara khusus, sehingga perintah membaca tersebut tentunya memiliki dimensi yang sangat luas," jelasnya.

Baca juga : Ada Peringatan Hari Buruh, Polisi Tutup 9 Jalan Di Jakarta

Selanjutnya, Ikhwani menjelaskan, penting bagi setiap muslim untuk mengetahui ibroh atau pelajaran di balik peristiwa, bahkan musibah yang menimpanya. Karena orang yang bijak adalah orang yang mampu mengambil hikmah.

Menutup tausiyahnya, Ikhwani menjelaskan, dengan mengetahui hikmah Nuzulul Qur’an, diharapkan menjadi Muslim yang lebih bertakwa, berakhlak lebih baik, dan lebih bertanggung jawab, serta menjadi insan kamil.

Para peserta kegiatan juga antusias mengajukan berbagai pertanyaan terkait hikmah Nuzulul Qur’an dan dinamika pendidikan di dunia atau negara Islam yang dipandu oleh moderator Mayor (Sus) Isran Anshori, asisten Atase Pertahanan KBRI Roma.

Saat ini, situasi penanganan Covid-19 di Italia semakin baik, dan sebagian besar wilayah Italia dikategorikan pada zona kuning. Meski demikian, keadaan darurat nasional Covid-19 di Italia diperpanjang sampai dengan akhir Juli 2021.

Baca juga : Keren, Warga Rusia Ikut Peringati Hari Kartini Di Moskow

KBRI Roma merencanakan menyelenggarakan shalat dan khutbah Idul Fitri 1 Syawal 1442 H di Wisma Duta secara terbatas dengan tetap mengikuti ketentuan protokol kesehatan. Ahalat Idul Fitri dan silaturahmi akan menutup rangkaian kegiatan Rahmah KBRI Roma 2021. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.