Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bersama ASEAN, KBRI Promosi UKM Di Shandong

Rabu, 2 Juni 2021 22:21 WIB
Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun dalam acara ASEAN - China (Shandong) SME Conference for Cooperation and Development yang diselenggarakan atas kerja sama Pemerintah Provinsi Shandong dengan ASEAN-China Centre (ACC).
Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun dalam acara ASEAN - China (Shandong) SME Conference for Cooperation and Development yang diselenggarakan atas kerja sama Pemerintah Provinsi Shandong dengan ASEAN-China Centre (ACC).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beijing atau KBRI Beijing pada 28 Mei 2021 berpartisipasi dalam acara ASEAN-China (Shandong) SME Conference for Cooperation and Development yang diselenggarakan atas kerja sama Pemerintah Provinsi Shandong dengan ASEAN-China Centre (ACC).

Delegasi Indonesia dipimpin Duta Besar (Dubes) RI di Beijing, Djauhari Oratmangun. Konferensi juga dihadiri Dubes Laos, Dubes Kamboja, Dubes Malaysia, Sekretaris-Jenderal ACC, Wakil Sekretaris-Jenderal Komunitas Ekonomi ASEAN, perwakilan dari Filipina, Thailand, dan Vietnam serta pejabat tinggi Pemprov Shandong, kalangan pengusaha China dan negara-negara ASEAN termasuk Indonesia.

Konferensi berlangsung offline dan online. Jumlah peserta sekitar 300 orang. Agenda acara meliputi sesi promosi trade, tourism and investment (TTI), seminar, pameran foto, dan business matching.

Baca juga : Perdana, Program Taste of Australia Hadir Di Indonesia

Sejumlah pengusaha Indonesia turut berpartisipasi secara daring dalam business matching yang dibagi dalam sektor pendidikan, pariwisata, mesin, makanan, serta perdagangan dan investasi. PT Jababeka juga turut berpartisipasi secara langsung dan bertemu dengan mitra-mitra pengusaha China.

Dalam sambutannya, Dubes Djauhari Oratmangun menyampaikan perkembangan dan potensi kerja sama ekonomi Indonesia-China khususnya di sektor UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Ia menekankan pentingnya peningkatan kerja sama digitalisasi UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). 

"Cara ini dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi global di kala pandemi maupun pasca pandemi," katanya mantan Dubes RI untuk Rusia itu dalam keterangan KBRI Beijing, Rabu (2/6/2021). 

Baca juga : Inggris Terus Dorong ASEAN Mau Jadi Mitra Dialog

Dalam sesi promosi TTI, Atase Perdagangan KBRI Beijing memaparkan lebih lanjut potensi peningkatan kerja sama kedua negara khususnya di bidang ekonomi.

ASEAN merupakan mitra dagang terbesar Provinsi Shandong. Pada tahun 2020, impor dan ekspor Provinsi Shandong ke ASEAN mencapai nilai RMB 30,68 miliar (4,79 miliar dolar), meningkat 24,4%, atau menyumbang 13,7% dari total nilai ekspor dan impor provinsi Shandong pada 2020.

Kerja sama Provinsi Shandong dengan Indonesia telah dimulai sejak tahun 2002 pada saat kunjungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke Shandong.

Baca juga : Amankan KTT ASEAN, 4.382 Personel Polri Diterjunkan

Dalam kesempatan tersebut, Delegasi ASEAN kemudian mengunjungi ASEAN International Eco-City Exhibition Centre yang berada di Qihe County, Kota Dezhou, Provinsi Shandong.

Pemerintah Kota Dezhou berharap kerja sama dengan ASEAN dapat membuka kesempatan lebih besar untuk pasar ASEAN di wilayah timur China dan sebaliknya.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.