Dark/Light Mode

Amankan KTT ASEAN, 4.382 Personel Polri Diterjunkan

Jumat, 23 April 2021 17:18 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. (Foto: Ist)
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polri mengerahkan 4.382 personel untuk mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2021, yang akan digelar di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, pada Sabtu (24/4) besok. Ribuan personel korps baju cokelat ini disebar di 51 titik.

"Termasuk di dalamnya pengamanan rute, pengamanan akomodasi, hotel, dan pengamanan terminal airport untuk kedatangan," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, saat meninjau lokasi Bandar Udara International Soekarno Hatta dan Gedung ASEAN, Jumat (23/4).

Baca juga : Polri-TNI Ogah Kecolongan Lagi

Dikatakan Fadil, kepolisian akan melaksanakan pengamanan secara maksimal di ring tiga. Sementara, ring satu dan ring dua pengamanan dilaksanakan oleh TNI.

"Ring satu dan ring dua oleh Operasi Waskita, Operasi Pengamanan Presiden, karena yang hadir adalah kepala negara di mana penanggung jawabnya adalah Pangdam Jaya," ungkapnya.

Baca juga : Ridwan Kamil Happy, Penerima Bansos Bangkit Dari Keterpurukan

Fadil bersama pejabat utama Polda Metro Jaya telah mengecek persiapan pengamanan KTT tersebut. "Gladi posko, gelar pasukan sudah dilaksanakan, pengecekan peralatan dan perlengkapan sudah mulai kemarin. Hari ini saya dan pejabat utama melakukan pengecekan kesiapan akhir," beber eks Kapolda Jawa Timur ini.

Di sekitar Gedung Sekretariat ASEAN, Jumat sore, petugas kepolisian tampak berjaga di depan pintu gerbang. Satu unit mobil pemindai atau X-ray disiagakan dan pos pengamanan juga didirikan di Jalan Trunojoyo yang berdekatan dengan Markas Besar Polri.

Baca juga : Perpanjangan PPKM Mikro, TNI Dan Polri Dikerahkan

Petugas gabungan TNI-Polri juga disebar di sekitar gedung Sekretariat ASEAN yang akan menjadi tempat pertemuan, mulai di Jalan Sisingamangaraja, Jalan Trunojoyo, hingga Jalan Raden Patah. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.