Dark/Light Mode

Duh, Seorang Delegasi RI di Pertemuan G20 Catania Positif Covid-19

Rabu, 23 Juni 2021 13:59 WIB
Covid-19/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Covid-19/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seorang delegasi Indonesia dari Jakarta yang menghadiri rangkaian pertemuan G20 di Kota Catania, Sicilia, Italia, 22-23 Juni 2021, terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini, delegasi itu menjadi isolasi mandiri (isoman) di hotel di Catania, selama 10 hari.

Berdasarkan keterangan dari KBRI Roma yang diterima RM.id, Rabu (23/6), dijelaskan ada dua delegasi Indonesia dari Jakarta yang menghadiri rangkaian pertemuan G20 di Catania, yaitu pertemuan G20 Education Ministers Meeting, G20 Employment Ministers’ Meeting, serta G20 Joint Meeting of Ministers Education and Ministers of Labour and Employment. Masing-masing delegasi Indonesia tiba di Catania secara terpisah. Setiba di Catania, mereka menjalani rapid test (anti gen) Covid-19. 

Baca juga : Kadin Daerah: Panitia Munas Mesti Peka dengan Tingginya Kasus Covid-19

Dari hasil rapid test tersebut, salah seorang delegasi Indonesia terindikasi positif Covid-19. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Italia, telah dilakukan tes molekuler (swab test) pada Senin (21/6) kepada delegasi Indonesia tersebut. Hasil swab test yang diterima Senin malam (21/6), mengkonfirmasi yang bersangkutan positif Covid-19. 

Berdasarkan ketentuan yang berlaku, Selasa (22/6), pihak Azienda Sanitaria Provincia/Dinas Kesehatan Propinsi (ASP) Catania telah melakukan swab test kepada enam delegasi Indonesia, tiga delegasi dari Jakarta dan tiga delegasi KBRI Roma, yang termasuk dalam kontak dekat (close contact). Hasil swab test untuk keenam orang tersebut, negatif Covid-19.

Baca juga : Bunga Citra Lestari Positif Covid

Dokter Italia telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap delegasi Indonesia yang positif Covid-19 tadi dan menyatakan bahwa yang bersangkutan dalam kondisi baik dan stabil. Yang bersangkutan diminta tetap melakukan isoman di hotel tempat tinggal selama 10 hari. Swab test kedua akan dilakukan pada hari ke-11 isoman.

Terkait dengan hal ini, KBRI Roma telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, memberikan bantuan serta pendampingan, dan tetap memantau perkembangan yang ada. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.