Dewan Pers

Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Korea Selatan Umar Hadi

Akrabkan Dua Negara Lewat Makanan

Senin, 28 Juni 2021 08:05 WIB
Dubes Umar Hadi (kedua kiri) di Seoul, Korea Selatan (Foto: KBRI Muscat)
Dubes Umar Hadi (kedua kiri) di Seoul, Korea Selatan (Foto: KBRI Muscat)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpersatukan dua negara tidak melulu harus di lakukan secara resmi oleh kedua Pemerintah. Makanan juga bisa membuat dua negara berteman dekat. Seperti Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) yang makin dekat dengan kian banyaknya makanan khas yang dijual di masing-masing negara.

Demi mempererat hubungan persahabatan Seoul-Jakarta, Duta Besar Indonesia untuk Korsel Umar Hadi mengadakan kegiatan virtual Gastro-Diplomacy from Jakarta to Seoul, Sabtu (26/6).

Berita Terkait : Hati-hati, Corona Varian Delta Menular Lewat Berpapasan

“Event virtual ini menjadi titik pertemuan tidak hanya antar budaya, tetapi juga cita rasa terbaik antara kedua negara,” kata Dubes Umar, berbicara dalam acara yang ditayangkan secara langsung di akun media sosial Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul.

Sejalan dengan arahan Presi den Joko Widodo mengenai pengembangan kuliner yang mencerminkan citra bangsa di mancanegara, KBRI Seoul menyelenggarakan promosi ekonomi kreatif subsektor kuliner.

Berita Terkait : Digelar Online, Konvensi ALB Kadin Tetapkan 30 Delegasi ke Munas VIII

Melalui kegiatan ini, diharakan generasi muda pelaku industri makanan di Indonesia dapat terus menggali kreativitas dalam menghasilkan sajian yang dapat menembus pasar Korsel.

Pada kesempatan itu, KBRI Seoul menggandeng Master Chef kenamaan kedua negara, yaitu William Wongso dan Jia Choi. Antusiasme hadirin tampak dari banyaknya komentar positif dan membangun yang disampaikan warganet di akun YouTube KBRI Seoul.

Berita Terkait : Dukung Pengusaha Kuliner Ekspansi Di Oman

“Saya a true believer pada jalur diplomasi melalui gastronomi, dari mata turun ke lidah. Ini kali kedua saya memasak untuk masyarakat Korsel. Pertama kali pada 2018 saat kunjungan Presiden Jokowi, saya khusus meracik rendang dari Hanwoo beef,” ucap William Wongso, pakar dan konsultan Gastronomi Indonesia dikutip keterangan resmi KBRI Seoul, kemarin.
 Selanjutnya