Dark/Light Mode

Pesawat Kargo Boeing 737 Mendarat Darurat Di Laut Honolulu, Dua Pilot Selamat

Jumat, 2 Juli 2021 22:45 WIB
Transair Boeing 737-200. (Foto Twitter/Flightradar24)
Transair Boeing 737-200. (Foto Twitter/Flightradar24)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pesawat kargo Boeing 737-200 mendarat darurat di Samudera Pasifik di lepas pantai Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat (AS) pada Jumat pagi (2/7/2021) waktu setempat. Setelah pilot melaporkan kerusakan mesin.

Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) menyatakan, kedua pilot yang berada dalam pesawat kargo itu selamat.

Baca juga : Perkuat Empat Pilar, Penanganan Covid-19 Harus Dari Hulu Dan Hilir

“Para pilot telah melaporkan adanya masalah mesin dan tengah berupaya kembali ke Honolulu saat mereka terpaksa mendarat darurat di air,” demikian bunyi pernyataan FAA.

Mengutip Associated Press, penerbangan Transair 810 itu lepas landas dari Bandara Internasional Honolulu pada Jumat pagi atas Jumat malam WIB dalam penerbangan singkat menuju Pulau Maui. Namun, pesawat yang dioperasikan Rhodes Express, dengan Transair, itu terpaksa mendarat di laut sekitar 5 kilometer dari Bandara Kalaeloa, barat Honolulu.

Baca juga : Navigasi Terkendala, Helikopter BNPB Mendarat Darurat Di Grobogan

Dilansir Reuters, Boeing mengatakan telah mendapat laporan mengenai kejadian di Honolulu, Hawaii. "Kami sedang memantau situasi dengan cermat. Kami bekerja sama dengan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS  untuk mengumpulkan lebih banyak informasi," imbuhnya.

Menurut catatan FAA, pesawat kargo 737-200 itu dibangun Boeing pada 1975. Pesawat itu pertama kali dikirim ke Pacific Western Airlines dan bergabung dengan armada Transair pada 2014, menurut Flightradar24.com.

Baca juga : AP I Dan TNI AU Paksa Pesawat Asing Mendarat Darurat Di Bandara Hasanuddin

Rhoades Aviation Inc (Transair), yang merupakan salah satu operator kargo udara terbesar di Hawaii dan telah menjalankan bisnis sejak 1982. Menurut situs web-nya, Transair memiliki armada lima pesawat Boeing 737 yang terbang setiap hari ke semua tujuan utama pulau Hawaii.

Saham Boeing turun 1% setelah insiden tersebut.  Boeing 737 yang kecelakaan ini adalah  generasi yang lebih tua dari MAX. Boeing 737 MAX diizinkan terbang oleh regulator akhir tahun. Pesawat itu dilarang terbang selama 20 bulan menyusul dua kecelakaan yang menewaskan ratusan orang.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.