Dark/Light Mode

Duta Besar Uni Eropa Untuk Indonesia Vincent Piket

Dorong Ekonomi Hijau, Solusi Bangkit Dari Covid-19

Kamis, 8 Juli 2021 07:45 WIB
Dubes Uni Eropa (UE) untuk Indonesia Vincent Piket saat mengikuti diskusi virtual antara Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak, Selasa (6/7). (Foto: Istimewa)
Dubes Uni Eropa (UE) untuk Indonesia Vincent Piket saat mengikuti diskusi virtual antara Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak, Selasa (6/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Uni Eropa (UE) untuk Indonesia Vincent Piket bersama Universitas Muhammadiyah (UM) Pontianak melakukan diskusi virtual membahas upaya bangkit dari Covid-19.

Dalam diskusi bertema EU Ambassador Talk - Climate Change and Circular Economy, pada Selasa, 6 Juli 2021, Piket menyarankan ekonomi hijau sebagai solusi tepat untuk bangkit dari dampak Covid-19.

Baca juga : Sambut Kedatangan HMCS Calgary Di Tanjung Priok

“Pemulihan dari krisis Covid-19 dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, mengulang hal-hal yang telah dilakukan berinvestasi di ekonomi lama. Yang kedua, kita dapat menjadi lebih cerdas dan menggabungkan pemulihan dengan beralih ke ekonomi hijau. Eropa memilih pilihan yang kedua dan melihatnya sebagai peluang besar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Piket mengatakan, pada Desember 2019, tepat sebelum krisis Covid-19, UE mengadopsi kerangka kebijakan baru yang disebut Kesepakatan Hijau Eropa (EU Green Deal).

Baca juga : MPR Dorong Program Pendidikan Gratis Hingga Perguruan Tinggi

Diplomat Belanda itu menjelaskan, EU Green Deal merupakan strategi baru bagi pertumbuhan yang berkelanjutan. Kebijakan tersebut memuat peta jalan untuk menerapkan ekonomi sirkular yang bersih, memulihkan keanekaragaman hayati dan mengurangi polusi.

Namun Piket menyadari, UE tidak dapat melakukan hal itu sendirian. “Bekerja dengan mitra internasional adalah mutlak jika kita ingin kembali bangkit lebih kuat dari krisis ini,” tambahnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.