Dark/Light Mode

Duta Besar Rusia Untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva

Arti Kemenangan Perang Patriotik Raya

Rabu, 23 Juni 2021 08:01 WIB
Duta Besar Rusia Untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva. (Foto: Facebook)
Duta Besar Rusia Untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tanggal 22 Juni sangat dikenal oleh semua Warga Negara Rusia yang nenek moyangnya berperang di Perang Patriotik Raya berdarah selama empat tahun sampai 9 Mei 1945.

Pada waktu itu, malam hari tanggal 21-22 Juni 1941, di negara kami ada pe rayaan kelulusan sekolah. Sedangkan di waktu pagi, invasi pasukan Nazi Jerman dan sekutunya dimulai. Totalnya 5,5 juta orang menyerang Uni Soviet.

Baca juga : Geber Promo Produk Ramah Lingkungan

Tujuan mereka adalah membasmi rakyat Uni Soviet, menghancurkan Moskow dan semua kenangan tentangnya (rencana para fasis membanjiri Moskow dengan air, melakukan perbudakan dan mengambil semua sumber daya mineral, serta membentuk koloni di negara kami).

Pada 3 Juli 1941, pemerintahan menyampaikan perintah: “Tujuan perang nasional ini melawan fasis tidak hanya untuk menghilangkan bahaya untuk negara kita, tetapi juga untuk membantu orang-orang Eropa yang telah dikuasai fasis”.

Baca juga : Promosikan Yoga Tangkal Covid-19

Peristiwa-peristiwa tragis awal Perang Patriotik Raya tidak mematahkan Rusia. Sebaliknya, situasi sulit itu menyatukan rakyat, dan membuktikan perlunya kontribusi semua orang untuk perjuangan kemerdekaan. Berkat upaya yang luar biasa, serangan fasis dapat dihentikan. Rencana mereka untuk merebut Moskow gagal.

Sejarawan Klaus Reinhardt menulis:Di Moskow, strategi Adolf Hitler, yang bertujuan un tuk menguasai dunia, gagal. Pada Desember 1941 hingga Januari 1942 banyak jenderal Jerman berpikir bahwa mereka telah kalah perang.

Baca juga : Tantangan dan Solusi Industri Musik Indonesia dimasa Pandemi

Kemenangan bersejarah diraih setelah kekalahan pasukan Jerman di dekat kota Stalingrad (sekarang Volgograd). Ini adalah awal dari akhir Reich Ketiga Jerman. Peristiwa-peristiwa selanjutnya dengan pasti membawa kemenangan lebih dekat. Pertempuran paling terkenal adalah pertempuran Kursk, pencabutan pengepungan Leningrad, pembebasan negara-negara Eropa.

Selama 1.418 hari perjuangan, mulai 22 Juni 1941 hingga pada 8 Mei 1945 ditandatangani akta penyerahan tanpa syarat oleh tentara Nazi Jerman. Sekitar 56 juta orang tewas dalam Perang Dunia II (19391945), 27 juta orang dari mere ka adalah Warga Negara Uni Soviet.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.