Dark/Light Mode

Dubes Arrmanatha Ajak Pengusaha Prancis Belanja Produk Kreatif Indonesia

Jumat, 30 Juli 2021 14:51 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Prancis Arrmanatha Nasir (bermasker putih) menerangkan keungguhan produk kreatif Indonesia di temu bisnis Merci Beyond Bali, Rabu (28/7). (Foto: KBRI Paris)
Duta Besar Indonesia untuk Prancis Arrmanatha Nasir (bermasker putih) menerangkan keungguhan produk kreatif Indonesia di temu bisnis Merci Beyond Bali, Rabu (28/7). (Foto: KBRI Paris)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris, Prancis, menyelenggarakan temu bisnis bertajuk "Merci Beyond Bali", Rabu (28/7). Acara ini digelar untuk mengajak para pengusaha Prancis berbelanja produk kreatif Indonesia. 

Puluhan pengusaha Prancis dari berbagai sektor industri dan perdagangan hadir pada acara temu bisnis yang digelar di Toko Merci di jantung Kota Paris itu dalam rangka menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia. KBRI Paris berupaya membawa produk kreatif Indonesia kepada masyarakat Prancis yang tidak dapat berwisata ke Indonesia akibat pandemi Covid-19.

Duta Besar Indonesia untuk Prancis Arrmanatha Nasir menerangkan, melalui pertemuan ini, KBRI Paris ingin mendorong pengusaha Prancis untuk memilih produk kreatif Indonesia. Dia pun membeberkan keunggulan produk kreatif Indonesia. Seperti cerita dan narasi yang dibawanya, kemampuannya untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, serta semangatnya untuk mendukung kemajuan komunitas masyarakat di sekitar lokasi produksinya.

Baca juga : Pupuk Non Subsidi Mahal, Pengamat Sarankan Petani Rasional

Dubes Arrmanatha menerangkan, temu pengusaha ini menjadi kesempatan untuk berbagi pengalaman dalam melakukan impor produk Indonesia ke Prancis. Juga menceritakan proses perjalanan masing-masing produk Indonesia hingga dapat dijual di Toko Merci pada pameran yang berlangsung pada 21 Juli-22 Agustus.

“Masyarakat Prancis sangat memerhatikan dampak lingkungan dari setiap produk yang dikonsumsinya, sehingga akan cenderung memilih produk yang ramah lingkungan,” ucapnya, dalam keterangan KBRI Paris yang diterima RM.id, Jumat (30/7).

Dalam acara itu, lobby utama Toko Merci disulap menjadi hutan tropis yang hijau, dengan saung-saung bambu di tengah sawah berundak-undak. Masing-masing saung diisi buah kreativitas, imajinasi, dan inovasi yang dihasilkan para desainer muda tanah air dari 28 merk. Semuanya bertuliskan “Made in Indonesia”.

Baca juga : Stunting, Ancaman Bagi Potensi Bonus Demografi Indonesia

"Beberapa produk sudah terjual habis sehingga kami perlu memesan kembali," ujar CEO Merci Arthur Gerbi.

Selain mengunjungi saung-saung tempat produk kreatif Indonesia, acara temu pengusaha ini juga diisi dengan testimoni importir kopi dan teh Prancis, yaitu Clima Coffee dan Zesty, tentang pengalaman mereka berbisnis dengan Indonesia dan kenapa mereka memilih bekerja sama dengan Indonesia. "Kopi Indonesia memiliki cita rasa yang istimewa dan Pemerintah Indonesia sangat mendukung pengembangan ekspor sehingga memudahkan importir asing untuk bekerja sama," ujar Antoine Netien dari Clima Coffee.

Setelah mengikuti testimoni dan tur keliling lokasi promosi produk kreatif Indonesia, peserta temu bisnis yang tampak antusias kemudian turut mencicipi kopi Clima Coffee dan teh herbal Zesty yang didatangkan langsung dari Indonesia. "Rasa teh yang saya cicipi sangat enak dan berbeda dari aneka teh yang pernah saya coba. Belum pernah saya temukan rasa seenak ini,” puji Cyril Akpama, peserta dari Kantor Wali Kota Paris. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.