Dark/Light Mode

Dubes Arif Havas Letakkan Batu Pertama Gedung Baru KBRI Berlin

Jumat, 20 Agustus 2021 08:16 WIB
Dubes Arif Havas Oegroseno (depan tengah) meresmikan peletakan batu pertama gedung baru KBRI Berlin, Selasa (17/8). (Foto: KBRI Berlin)
Dubes Arif Havas Oegroseno (depan tengah) meresmikan peletakan batu pertama gedung baru KBRI Berlin, Selasa (17/8). (Foto: KBRI Berlin)

 Sebelumnya 
Deputi Direktur Jenderal Asia Pasifik, Kementerian Luar Negeri Jerman, Marthin Thummel yang hadir dalam acara itu juga terkesan dengan rancangan gedung baru tersebut.

Ia mengatakan, desain luar gedung baru KBRI Berlin merupakan simbol kemaritiman Indonesia.gedung baru KBRI Berlin akan dibangun di atas tanah milik KBRI Berlin seluas sekitar 3.185 meter persegi.

Baca juga : Amankan Pasokan Batu Bara, PLN Gandeng PTBA Dan KAI

Gedung ini akan terdiri dari 5 lantai, dengan total luas bangunan sekitar 5.194 meter persegi. Tidak hanya sebagai ruang kantor, gedung ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas pelayanan publik, perpustakaan, serta kegiatan promosi ekonomi dan budaya Indonesia di Berlin.

Rencana pembangunan gedung baru KBRI Berlin sebenarnya telah dirintis lama. Namun sempat terhenti karena adanya ketentuan konstruksi Jerman yang belum terpenuhi pada desain awal yang telah dibuat.

Baca juga : Dubes Dewi Savitri Wahab, Serahkan Surat Kepercayaan Di HUT Kemerdekaan RI

Sebagai informasi, Jerman merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki standar dan prosedur konstruksi yang sangat detail, kompleks dan proses yang birokratis.

Setiap aspek gedung harus dihitung dan diuji tenaga ahli khusus. Bahkan mengenai jumlah pohon pun melalui diskusi panjang dan lama. Sekitar 20 perusahaan Jerman dilibatkan dalam proses perencanaannya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.