Dark/Light Mode

Begini Cara Negara Maju Tracing Testing Covid

Ada Satu Saja Kasus Infeksi Di Sekolah, Semua Murid Dites

Sabtu, 11 September 2021 12:17 WIB
QR Code semacam aplikasi PeduliLindungi di pintu masuk salah satu ruangan Gedung Griffith University, Brisbane, Australia. (Foto: Prof. Dicky Budiman)
QR Code semacam aplikasi PeduliLindungi di pintu masuk salah satu ruangan Gedung Griffith University, Brisbane, Australia. (Foto: Prof. Dicky Budiman)

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya pemerintah Australia mengendalikan Covid memang luar biasa. Ada sejumlah video dan foto yang di-share oleh Prof. Dicky Budiman, warga Indonesia yang kini mengajar di Griffith University, Brisbane, Australia, hari ini.

Video itu memperlihatkan barisan mobil memasuki area sebuah sekolah. Beberapa hari sebelumnya, di sekolah tersebut ditemukan satu kasus muridnya terinfeksi Covid. Langsung saja, seluruh murid diharuskan menjalani swab test yang dilakukan secara drive thru. Pengambilan sampel dilakukan dari dalam kendaraan.

Baca juga : Begini Cara Jaga Aki Mobil Tetap Tokcer Selama PPKM

"Untuk yang tidak berkendaraan, ada jalur khusus melakukan swab test," kata Dicky.

Dalam video lainnya menunjukkan prosedur memasuki area kerja. Prof. Dicky men-scan QR Code saat masuk ruang kantornya, Griffith University. Bahkan kata Prof. Dicky, setiap memasuki bagian ruangan dalam gedung yang sama, ada semacam QR Code.

Baca juga : Ini Lokasi Vaksinasi Covid Tanpa Syarat KTP Domisili, Di Seluruh Indonesia

Ini sejenis dengan aplikasi PeduliLindungi yang ada di Indonesia. Tetapi, di Australia, aplikasi terkait pengendalikan infeksi Covid dengan QR Code digunakan lebih luas. Bukan hanya saat masuk ke mall.

"Setiap bagian gedung, kita harus men-scan QR Code. Semacam PeduliLindungi. Ini untuk memudahkan tracing dan tracking. Seperti kemarin terdeteksi ada satu staf positif. Tapi bukan di bagian ruangan ini. Hari itu juga, seluruh orang yang ada di gedung dan kampus ini langsung dites. Mestinya begini tracing yang kuat," ungkap Prof. Dicky.

Baca juga : Rusia Laporkan Kasus Tertinggi Sejak Februari

Prof. Dicky juga melampirkan undangan pemberitahuan dari kampus dan otoritas kesehatan setempat untuk segera mengikuti testing jika sempat berada di lingkungan kampus pada Rabu (8/9), hari di mana satu staf terdeteksi positif Covid. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.