Dark/Light Mode

Dubes Rachmat Budiman, Genjot Kerja Sama Budaya RI Dan Thailand

Jumat, 8 Oktober 2021 07:54 WIB
Dubes Rachmat Budiman (kiri) saat berbincang dengan Menteri Kebudayaan Thailand, itthipol Kunplome, di Bangkok, Thailand, Rabu (6/10). (Foto: Dok. Kemenlu)
Dubes Rachmat Budiman (kiri) saat berbincang dengan Menteri Kebudayaan Thailand, itthipol Kunplome, di Bangkok, Thailand, Rabu (6/10). (Foto: Dok. Kemenlu)

 Sebelumnya 
Dengan kemiripan berbagai aspek kebudayaan Indonesia dan Thailand, menjadi modal yang sangat baik bagi kerja sama di bidang kebudayaan.

Kolaborasi antara Indonesia dan Thailand yang telah berlangsung selama ini, termasuk kesuksesan pertunjukan sendratari Ramayana, Two Nations One Dance yang dilaksanakan pada September 2020. Ini merupakan salah satu simbol eratnya persahabatan kedua bangsa.

Selain membahas kerja sama di bidang kebudayaan, khususnya bidang seni budaya, pada pertemuan tersebut juga dibahas mengenai pertukaran pelajar melalui program beasiswa.

Baca juga : Dubes Rachmat Ajak Thailand Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan, Investasi Dan Pariwisata

Dalam hal ini, Dubes Rachmat secara khusus menyampaikan, Pemerintah Indonesia secara rutin telah memberikan beasiswa seperti Darmasiswa dan Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia.

Program tersebut selama ini mendapatkan sambutan baik dari generasi muda Thailand.Menteri Itthipol pun menyampaikan apresiasi atas pemberian beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa Thailand.

Ia meyakini, langkah tersebut akan berkontribusi bagi penguatan hubungan dan kerja sama antar kedua ne gara di masa mendatang.

Baca juga : Jojo Keok, Indonesia Susah Payah Tekuk Kanada

Itthipol menambahkan, Pemerintah Thailand juga secara rutin memberikan beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa dari negara-negara Asia Tenggara. Yang tentunya juga dimanfaatkan para pelajar dan mahasiswa Indonesia.

Dalam kerja sama pendidikan, juga dibahas berbagai program beasiswa melalui skema university-to-university dan kerja sama antara organisasi kemasyarakatan di kedua negara.

Mengakhiri diskusi, Dubes RI menyambut baik dukungan Menteri Itthipol atas rencana KBRI Bangkok untuk melaksanakan Trade, Tourism, Investment, & Cultural Forum (TTIC) pada 1618 September 2022. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.