Dark/Light Mode

Promosikan Budaya Nusantara

KJRI Shanghai Gelar `The Colours Of Indonesia`

Sabtu, 16 Oktober 2021 18:05 WIB
Dubes Djauhari Oratmangun (kelima kiri) di acara The Colours Of Indonesia: Kopi Indonesia In Shanghai yang digelar di Sinar Mas Plaza Shanghai, pada Jumat (15/10). (Foto: KJRI Shanghai)
Dubes Djauhari Oratmangun (kelima kiri) di acara The Colours Of Indonesia: Kopi Indonesia In Shanghai yang digelar di Sinar Mas Plaza Shanghai, pada Jumat (15/10). (Foto: KJRI Shanghai)

 Sebelumnya 
Dubes Djauhari menjelaskan secara keseluruhan, total nilai perdagangan kedua negara dari tahun 2017 sampai bulan Juli 2021 mencapai USD 355,51 miliar (ekspor Indonesia ke RRT 158,20 miliar USD dan ekspor RRT ke Indonesia sebesar USD 197,31 miliar).

Sementara pada periode Januari-Juli 2021 nilai perdagangan bilateral kedua negara sudah capai 61,5 miliar USD (ekspor RRT USD 31,7 miliar dan ekspor Indonesia capai 29,8 miliar USD).

:Di sektor Investasi, realisasi investasi Tiongkok di Indonesia dalam kurun 6 tahun terakhir (2016-Juli 2021) mencapai 19,70 miliar USD, di mana realisasi investasinya pada Juli 2021 tercatat sebesar 1,7 milyar USD, dan menjadikan RRT menjadi investor kedua terbesar di Indonesia," ujar Dubes Djauhari.

Baca juga : Ralali.com Bawa Cokelat Hangeul BTS ke Konsumen Indonesia

“The Colours of Indonesia” yang berlangsung selama tiga hari, dari 15 – 17 Oktober 2021 ini menampilkan promosi berbagai produk food manufactures dan produk lainnya dari perusahaan Indonesia di Shanghai, antara lain; Mayora, Kapal Api, Balini Coffee, Yes Cofie, Yantyty Group, Rusto Tempeh, Sinar Mas APP China, Indonesia Street Art. Company & Taihe Group, dan juga dimeriahkan pameran produk Batik oleh DWP KJRI Shanghai.

Selain itu tampil memukau beragam persembahan kesenian, musik (angklung) dan lagu tradisional khas Indonesia. Tidak kalah menariknya, dalam promosi kesenian dan budaya Indonesia.

Acara ini juga turut dimeriahkan acara fashion show yang dipersembahkan Team Indonesian Batik Fashion Show dari Human Letters International Center, serta fashion show persembahan Asosiasi Komunitas Ibu-ibu Masyarakat dan Diaspora Indonesia di Shanghai.

Baca juga : Inggris Ciutkan Jumlah Negara Penghuni Daftar Merah, Dari 59 Jadi 7

Kegiatan Promosi Produk dan Budaya Indonesia ini merupakan wujud “Indonesia Incorporated” dari segenap elemen warga masyarakat dan diaspora Indonesia dalam mendukung diplomasi ekonomi dan budaya Indonesia di Tiongkok melalui kota Shanghai.

Dubes Djauhari berharap penyelenggaraan kegiatan promosi ini, kalangan masyakarat dan mitra sahabat Indonesia di kota Shanghai semakin mengenal produk dan budaya, serta berbagai keunggulan destinasi pariwisata Indonesia.

Sementara itu WP. Gultom, Konsul Ekonomi KJRI Shanghai selaku Ketua Panitia the Colours of Indonesia. Acara opening ceremony dan Indonesian Batik Fashion Show yang digelar pada siang dan sore ini berlangsung meriah.

Baca juga : IDI Harap, Tak Ada Gelombang Ketiga Covid-19 Di Indonesia

"Selain dihadiri lebih dari 80 tamu undangan dari berbagai kalangan, juga dipadati pengunjung yang begitu ramai memenuhi venue acara ajang promosi produk dan budaya Indonesia di Sinar Mas Plaza, Shanghai," ujar Gultom. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.