Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tari Saman Meriahkan Resepsi Diplomatik Indonesia Di Beirut

Senin, 25 Oktober 2021 21:30 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Beirut Hajriyanto Thohari (kedua kiri) seusai disela-sela resepsi diplomatik di Eden Bay, Beirut, Jumat (22/10). (Foto: KBRI Beirut)
Duta Besar Indonesia untuk Beirut Hajriyanto Thohari (kedua kiri) seusai disela-sela resepsi diplomatik di Eden Bay, Beirut, Jumat (22/10). (Foto: KBRI Beirut)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kekompakan dan kecepatan gerakan Tari Saman diiringi alunan musik enerjik dari Rampak Gendang mengawali rangkaian penampilan kesenian pada Resepsi Diplomatik di Hotel Lancaster Eden Bay, Beirut, Jumat (22/10).

Acara ini digelar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-76. Berbagai penampilan kesenian lainnya seperti Tari Gending Sriwijaya, Tari Perang dan penampilan musik dari Tim Kesenian Kontingen Garuda di Indobatt dan KRI Sultan Iskandar Muda 367 (KRI SIM 367) berhasil memukau sekitar 300 tamu undangan.

Tidak kalah serunya, penampilan Pencak Silat Tapak Sakti oleh mahasiswa Indonesia bersama murid pelatihan silat yang merupakan anak-anak Lebanon dari Kota Beeka juga mendapatkan sambutan meriah.

 

 

Baca juga : MPR Nilai Haluan Negara Dibutuhkan Untuk Pembangunan Indonesia

Para undangan menyatakan bahwa resepsi kali ini merupakan salah satu yang terbaik yang pernah diselenggarakan di Lebanon. “Ini adalah resepsi terbaik," jelas Lena Kellekian.

Pada sambutannya, Duta Besar Indonesia untuk Beirut Hajriyanto Thohari menyampaikan bahwa Lebanon merupakan salah satu dari tiga negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada 1947.

Dubes Hajriyanto menyampaikan bahwa hubungan persahabatan kedua negara ditandai dengan kerja sama yang baik di berbagai bidang.

Walaupun beberapa program kerja sama sempat mengalami penundaan dikarenakan pandemi Covid-19 dan krisis ekonomi di Lebanon, dengan telah dibentuknya Pemerintahan baru Lebanon dan penurunan kasus Covid-19, terdapat berbagai potensi kerja sama yang dapat kembali ditindaklanjuti.

Dubes Hajriyanto juga menggarisbawahi capaian penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia dan komitmen Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia melalui kontribusi pasukan penjaga perdamaian Indonesia di UNIFIL, Lebanon.

Baca juga : Nadiem Puji Santri Indonesia Luar Biasa

Pada acara ini, Dubes Hajriyanto memberikan medali penghargaan atas kontribusi Kontingen Garuda RI dalam promosi seni dan budaya Indonesia di Lebanon kepada Kol. Inf. Amril Haris Isya Siregar, Komandan Kontingen Garuda TNI UNIFIL dan Letkol Laut (P) Abdul Haris, Komandan Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI/Komandan KRI SIM 367.

Yang tak kalah serunya, di acara itu juga dilakukan pemotongan tumpeng bersama.

Turut hadir Gubernur Beirut Marwan Abboud, perwakilan dari instansi pemerintahan dan parlemen Lebanon, Duta Besar dan corps diplomatic, pelaku bisnis, tokoh agama, kalangan akademisi, artis dan tokoh seni Lebanon serta Friends of Indonesia.

 

 

Baca juga : Wadubes Inggris Doakan Wakil Indonesia Bisa Terima Penghargaan Earthshot

Selain penampilan seni, para tamu undangan juga disuguhi makanan khas Indonesia seperti bakso, nasi goreng dan mi goreng. Display batik pada booth foto juga menjadi perhatian tamu undangan yang menyempatkan untuk melakukan selfie.

Komandan Kontingen Garuda dan Tim Kesenian KRI SIM 367 tampak memimpin Tari Poco-Poco dan Gemu Famire dan diikuti oleh para undangan menjadikan suasana resepsi semakin meriah dan penuh keakraban, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.