Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kunjungi Malaysia, Thailand, Dan Indonesia

Cari Mitra Di Luar Eropa, Menlu Inggris Pepet ASEAN

Minggu, 7 November 2021 22:33 WIB
Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss (Foto: Istimewa)
Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss akan terbang ke Malaysia, Thailand, dan Indonesia dalam kunjungan selama sepekan. Tujuannya, untuk memperdalam hubungan ekonomi dan keamanan di Asia Tenggara.

Kunjungan yang dimulai Minggu (7/11) ini mencerminkan semakin pentingnya hubungan ekonomi dan diplomatik, seiring upaya Inggris untuk memperkuat hubungan dengan negara-negara dan kawasan di luar Eropa setelah keluar dari keanggotaan Uni Eropa (Brexit).

Baca juga : Jelang Indonesia Masters 2021 Di Bali, Ini Pesan Ketum PP PBSI

"Saya ingin memposisikan Inggris di tempat pertumbuhan masa depan berada dan untuk memikirkan siapa mitra utama kami pada tahun 2050 dan seterusnya," kata Truss, dalam sebuah pernyataan yang dirilis kantornya, Minggu (7/11), seperti dikutip Antara.

Truss menyatakan, Asia Tenggara akan menjadi mesin ekonomi global. “Saya ingin Inggris menjadi bagian dari itu, meningkatkan hubungan ekonomi dan keamanan kami mencerminkan semakin pentingnya kawasan ini," lanjutnya.

Baca juga : Wujudkan Indonesia Poros Maritim Dunia, INAMPA Gandeng TNI AL

Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan, Truss akan berusaha untuk membangun hubungan yang lebih erat di bidang investasi infrastruktur ke kawasan Asia Tenggara. Truss akan bertemu dengan para pemimpin dan menteri luar negeri di Malaysia dan Thailand, dengan topik diskusi mencakup kerja sama pertahanan dan perdagangan, serta investasi digital dan teknologi dan kolaborasi keamanan yang lebih dalam.

Truss juga akan mengadakan pembicaraan tentang isu-isu kebijakan luar negeri seperti Myanmar dan Afghanistan dengan Indonesia, dan mencari hubungan yang lebih erat dalam kontraterorisme dan keamanan siber. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.