Dark/Light Mode

Menteri Siti Komitmen Jadikan ASN KLHK Sebagai SDM Unggul

Selasa, 20 Agustus 2019 09:00 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar saat memberikan himbauan pada ASN KLHK untuk menjadi SM Unggul, Senin (19/8). (Foto: Humas KLHK)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar saat memberikan himbauan pada ASN KLHK untuk menjadi SM Unggul, Senin (19/8). (Foto: Humas KLHK)

 Sebelumnya 
Kompetensi tersebut meliputi skill (keterampilan), pengetahuan dan kualifikasi teknis untuk sebuah peran, serta juga memiliki kompetensi perilaku, karakteristik, dan sikap personal yang mampu mendorong kinerja dalam setiap pekerjaan yang diberikan,” ujar Menteri Siti.

Menteri Siti pun berpesan agar pengembangan nilai-nilai kehidupan publik (public life) diinternalisasi ke dalam tubuh birokrasi.

Baca juga : Tunda Penebangan Pohon, KLHK Salurkan Pinjaman Rp 27 M

Prinsip-prinsip public life tersebut diantaranya tidak berfikir untuk kepentingan diri sendiri (selflessness), memiliki integritas dan obyektif dalam melaksanakan urusan publik, akuntabel dalam keputusan dan langkah-langkah di lapangan, memiliki sifat keterbukaan dan kejujuran, serta berjiwa pemimpin dalam mendorong keenam prinsip tersebut.

“Hal ini penting untuk menghadapi tantangan nilai-nilai reformasi birokrasi yang akan datang. Tantangan tersebut diantaranya adalah kompetitif, sumber terbatas, interdependensi, heterogenitas, observable, measurable dan prinsip equality,” Menteri Siti mengingatkan.

Baca juga : Keren, Penerima Apresiasi Wana Lestari Bisa Ikut Upacara di Istana Negara

Lima hal penting kemudian diutarakan Menteri Siti di hadapan ASN lingkup KLHK. “Integritas, visionary, leadership/kepemimpinan, followership dan statement ship adalah hal yang harus ditumbuhkembangkan di dalam birokrasi.

Saya melihat bahwa 5 hal ini telah dimiliki dengan baik oleh para ASN lingkup KLHK, dari jajaran struktural hingga ke level di tingkat tapak. Untuk itu saya optimis, SDM unggul KLHK mampu mewujudkan visi dan misi pemerintah yaitu menuju Indonesia Maju,” tutup Menteri Siti.

Baca juga : Atasi Karhutla, Pemerintah Tegakkan Hukum Multidoor

Pembinaan pegawai lingkup KLHK merupakan rangkaian peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 dengan tema SDM Unggul, Indonesia Maju.

Hadir dalam kegiatan pembinaan pegawai tersebut seluruh Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya KLHK, JPT Pratama KLHK, serta pejabat struktural dan seluruh staf KLHK Pusat. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.