Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peringati Hari Ozon Sedunia, KLHK Resmikan Wahana Ozon di TMII

Senin, 16 September 2019 13:20 WIB
Wahana Ozon yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). (Foto: Istimewa).
Wahana Ozon yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK) dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi meresmikan Pengembangan Wahana Ozon di PP IPTEK di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Senin (16/9).

Peresmian ini berbarengan dengan peringatan Hari Ozon Sedunia yang diperingati setiap 16 September 2019 oleh masyarakat dunia. Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK Ruandha Agung Sugardiman mengatakan setiap tanggal 16 September 2019 masyarakat dunia memperingati Hari Ozon Sedunia.

Lapisan Ozon merupakan lapisan di atmosfer pada ketinggian 20-35 km di atas permukaan bumi yang mampu menyerap 97% - 99% sinar ultraviolet matahari yang berpotensi merusak kehidupan yang terpapar di permukaan bumi. 

Baca juga : Pemerintah Pusat Bersinergi Kendalikan Karhutla, Peran Daerah ?

"Upaya perlindungan lapisan ozon telah mengurangi terjadinya dampak radiasi UV-B terhadap kesehatan manusa dan makhluk hidup Iainnya serta lingkungan hidup," kata Ruandha dalam sambutannya

Dia bilang pengenalan pengetahuan tentang lapisan ozon diperlukan sejak dini terutama bagi para siswa-siswa sekolah. Maka dari itu dalam peresmian Wahana Ozon ini KLHK mengundang sekitar 250 anak sekolah. "Dengan mendorong para siswa memahami jenis bahan perusak ozon dapat meningkatkan kepedulian dan peran aktrf dalam penyelamatan lapisan ozon," katanya.

Informasi saja, Wahana Ozon dikembangkan di PP ITEK yang selalu ramai dikunjungi setiap hari oleh siswa SD, SMP, hingga SMA untuk belajar llmu pengetahuan dan teknologi. Diharapkan dengan keberadaan Wahana Ozon dapat memberikan pengetahuan tentang penyelamatan lapisan ozon bagi siswa sejak dini yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar berperan aktif dalam memilih produk ramah ozon.

Baca juga : Inilah Cara Wiranto Berikan Arahan Penguatan Penanggulangan Karhutla

Dalam Wahana Ozon anak-anak dapat belajar tentang proses pemulihan lapisan Ozon melalui informasi mengenai: Bahan Perusak Ozon yang digunakan sehari-hari, zona permainan tentang pengetahuan ozon dan contoh-contoh produk yang menggunakan bahan ramah ozon.

Fasilitas di dalam Wahana Ozon dibuat secara interaktif sehingga mempermudah siswa dalam mempelajari pengetahuan tentang perlindungan lapisan ozon. Sesuai dengan tema Hari Ozon Sedunia tahun ini yaitu 32 Years and Healing. Maka KLHK mengajak masyarakat untuk memperingati lebih dari tiga dekade kerjasama internasiona dalam melindungi lapisan ozon di bawah kerangka Protokol Montreal.

Peringatan Hari Ozon Sedunia ini mengingatkan kita untuk menjaga momentum keberhasilan dalam melmdung kesehatan masyarakat dan kesehatan planet bumi. "Mari kita semua menjadi Ozone Heroes, yang menjaga Bumi tetap terlindungi oleh lapisan ozon sebagai perisai perlindungan dari sinar ultraviolet B," kata Ruandha. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.