Dark/Light Mode

7 Prioritas RPJMN 2020-2024, Perkuat Hubungan Pusat dan Daerah

Sabtu, 31 Agustus 2019 19:28 WIB
Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Bappenas, Taufik Hanafi (kedua kanan) seusai menjadi pembicara di knowledge sharing forum menjelaskan RPJMN 2020-2024 di Mamuju Sulbar, Sabtu (31/8). (Foto: KLHK).
Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Bappenas, Taufik Hanafi (kedua kanan) seusai menjadi pembicara di knowledge sharing forum menjelaskan RPJMN 2020-2024 di Mamuju Sulbar, Sabtu (31/8). (Foto: KLHK).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah sedang menyiapkan Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) periode 2020-2024.

RJPMN dimaksudkan untuk menguatkan peran hubungan antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Ikatan Alumni Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (IKA-PIMNAS) menyelenggarakan kegiatan Knowledge Sharing Forum di Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (31/8).

Lima topik utama dibahas pada forum tersebut yaitu pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia (SDM), mendorong investasi, reformasi birokrasi, dan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN).

Staf Ahli Menteri KLHK Bidang Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah, Winarni Monoarfa yang mewakili Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Hendroyono yang juga selaku Ketua IKA-PIMNAS, menyampaikan IKA-PIMNAS merupakan wadah komunikasi dan aktualisasi para alumni PIMNAS yang diselenggarakan oleh LAN RI.

Baca juga : Sukses Adakan Litbang Iptek, KLHK Raih Prayoga Sala

Dalam peranannya, IKA-PIMNAS dapat memberikan kontribusi pemikiran kepada Pemerintah mengenai berbagai isu strategis nasional.

"Salah satu yang perlu kita kuatkan dalam menyongsong RPJMN 2020-2024 adalah penguatan sinergitas antara Pusat dan Daerah,” katanya di Jakarta (31/8).

Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Bappenas, Taufik Hanafi selaku pembicara kunci pada knowledge sharing forum menjelaskan tema RPJMN IV 2020-2024 adalah Indonesia Berpenghasilan Menengah-Tinggi yang Sejahtera, Adil dan Berkesinambungan.

Prioritas RPJMN tersebut kemudian dituangkan ke dalam 7 bidang. Ketujuh bidang prioritas RPJMN 2020-2024 dijelaskan lebih lanjut oleh Taufik Hanafi.

Baca juga : Ayo Selamatkan DAS Citarum dari Tambang dan Kebun Ilegal

Meliputi pertama adalah memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas. Kedua, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan.

Prioritas ketiga adalah meningkatkan SDMberkualitas dan berdaya saing, serta keempat yaitu revolusi mental dan pembangunan kebudayaan.

“Untuk menuju Indonesia sebagai negara maju, kita memerlukan SDM unggul yang akan terus pemerintah dorong dan lahirkan di masa depan,” tegas Taufik Hanafi.

Sedangkan, prioritas selanjutnya berturut-turut adalah kelima antara lain memperkuat infrastruktur mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar.

Baca juga : KLHK Siapkan Kajian Lingkungan Hidup Strategis di Lokasi Calon Ibukota RI

Keenam, membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana dan perubahan iklim serta Ketujuh memperkuat stabilitas politik, hukum, ketahanan dan keamanan (Polhukhankam) dan transformasi pelayanan publik. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.