Dark/Light Mode

Pesawat Jokowi Mendarat Mulus Di Tengah Pekatnya Kabut Asap Riau

Senin, 16 September 2019 23:55 WIB
Presiden Jokowi bertolak Ke Riau Pantau kabut asap.
Presiden Jokowi bertolak Ke Riau Pantau kabut asap.

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah kepungan asap yang pekat, Presiden Jokowi melakukan kunjungan dadakan untuk meninjau kondisi kabut asap dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Pekanbaru Riau, Senin (16/9) malam.

Pesawat kepresidenan mendarat mulus di tengah kabut asap kebakaran hutan dan lahan yang cukup pekat di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru Riau, pukl 18.30 WIB.

Baca juga : KNPI Desak Pemerintah Tindak Tegas Pelaku Karhutla

Diketahui, berdasarkan pantauan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kualitas pencemar udara di Kota Pekanbaru melonjak hingga 300 mikrogram per meter kubik (µg/m3) sejak 9 hingga 13 September 2019, melampaui nilai ambang batas (NAB) harian PM10 sebesar 150 µg/m3.

BMKG mengukur kualitas udara dengan parameter kandungan PM10 (partikulat matter 10) yaitu partikel yang ada di udara berukuran di bawah 10 mikrogram sehingga bisa membahayakan bila terhirup oleh manusia.

Baca juga : Hoaks, Berita Soal Karhutla Timbulkan Kabut Asap di Nunukan

Selain di Pekanbaru, wilayah lain yang kualitas udaranya juga sudah mulai melebihi ambang batas yaitu Jambi, terhitung sejak tanggal 12-13 September.

Kabut asap karhutla yang tersebar beberapa wilayah Indonesia semakin parah dan mengancam kesehatan warga. 

Baca juga : Pertamina Bekali Operator SPBU dengan Pelatihan Keselamatan Kerja

Sementara Kepolisian sejauh ini telah mengamankan tersangka pelaku karhutla mencapai 185 orang dan empat korporasi yang belum diungkap nama perusahaannya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.