Dark/Light Mode

Jokowi Minta Masyarakat Papua Tenang, Pelaku Anarkis Akan Ditindak Tegas

Kamis, 29 Agustus 2019 23:06 WIB
Presiden Jokowi didamping Seskab dan Menteri Pariwisata menyampaikan pernyataan soal perkembangan Papua, di Purworejo, Jateng, Kamis (29/8) malam. (Foto: Humas Setkab/Jay)
Presiden Jokowi didamping Seskab dan Menteri Pariwisata menyampaikan pernyataan soal perkembangan Papua, di Purworejo, Jateng, Kamis (29/8) malam. (Foto: Humas Setkab/Jay)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meminta masyarakat Papua untuk tetap tenang, dan tidak melakukan berbagai tindakan anarkis yang merugikan. Jangan sampai, ada kerusakan pada fasilitas umum atau masyarakat yang dibangun bersama.

“Saya juga telah memerintahkan. Sebetulnya, tadi malam saya sudah perintahkan kepada Menko Polhukam pada saat rapat di Istana bersama Kapolri, Kepala BIN, dan Panglima TNI untuk mengambil tindakan tegas terhadap siapa pun yang melanggar hukum dan pelaku tindakan anarkis serta rasialis,”  kata Presiden Jokowi saat menyampaikan keterangan pers, di Alun-alun Purworejo, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (29/8) malam.

Baca juga : Jokowi Apresiasi Gerakan Pramuka Membangun Keutuhan NKRI

Presiden menegaskan, dirinya dan pemerintah akan terus berkomitmen untuk memajukan Papua, baik di bidang fisik maupun SDM (sumber daya manusia), agar semuanya khususnya mama-mama, pace, mace, dan anak-anak Papua bisa lebih maju dan lebih sejahtera.

“Mari kita semuanya menjaga agar Tanah Papua tetap menjadi sebuah wilayah yang damai, tanah yang damai,” seru Jokowi seraya mengajak kepada semua ketua dan tokoh-tokoh adat, ketua dan tokoh-tokoh agama, serta kaum muda Papua untuk mewujudkan Papua yang maju dan tetap damai.

Baca juga : Masyarakat Indonesia Bagikan Daging Kepada 350 Warga Addis Ababa

“Sekali lagi, mari kita jaga Tanah Papua sebagai sebuah tanah yang damai,” sambung Jokowi.

Soal rencana pertemuan dengan tokoh-tokoh Papua, Presiden Jokowi mengatakan, pertemuan tersebut telah direncanakan minggu ini. Tapi, masih belum memungkinkan untuk terlaksana.

Baca juga : Dipantau Pakai IT, Penyaluran Biodiesel Makin Transparan

“Akan dilakukan dalam waktu yang secepat-secepatnya untuk bisa bertemu dengan para, baik tokoh muda, baik tokoh adat, baik tokoh masyarakat, dan tokoh agama,” ungkap Jokowi, yang didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.