Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri Siti Lepas Liarkan 14 Ekor Curik Bali di TNBB

Senin, 14 Oktober 2019 18:19 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya (kedua kiri) saat melakukan kunjungan kerja ke Taman Nasional Bali Barat (TNBB) akhir pekan lalu. (Foto: Humas KLHK)
Menteri LHK Siti Nurbaya (kedua kiri) saat melakukan kunjungan kerja ke Taman Nasional Bali Barat (TNBB) akhir pekan lalu. (Foto: Humas KLHK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, melaksanakan kunjungan kerja ke Taman Nasional Bali Barat (TNBB) pada akhir pekan lalu.

Dua lokasi yang dikunjungi yaitu Unit Pengelolaan Khusus Burung Jalak Bali (UPKBJB) Tegal Bunder dan kandang habituasi Curik Bali di Labuan Lalang.

Mengawali kunjungannya di UPKBJB, Menteri Siti memantau penanganan pengembangbiakan Curik Bali.

Menteri Siti juga melakukan pemasangan cincin (tagging) sebagai penanda pada kaki burung Curik Bali yang baru disapih dari induknya.

Baca juga : Pendekatan Spasial Ditingkatkan, KLHK Fokus Pembangunan Tingkat Tapak

Cincin yang dipasang bertuliskan angka 1.128, yang menandakan burung ke 1.128 yang berhasil diternakkan sampai besar.

Selanjutnya, Menteri Siti melepasliarkan 14 ekor burung Curik Bali di Labuan Lalang, yang masih berada dalam kawasan TNBB.

Menteri Siti juga secara simbolis melaksanakan penyerahan Nesting Box (kotak sarang) burung Curik Bali untuk dipasang di lokasi pelepasliaran.

TNBB terletak di bagian barat dari pulau Bali. Taman nasional ini mempunyai luas 77.000 hektar.

Baca juga : KLHK Minta BUMN Terlibat Aktif Dalam Pengusahaan Ekowisata Taman Nasional

TNBB merupakan satu dari sejumlah kawasan pelestarian alam di Bali mulai dari hutan lebat, air laut, pantai, pegunungan hingga satwa yang dapat pengunjung nikmati.

TNBB merupakan perpaduan yang menarik antara ekosistem darat dan laut, ini juga yang menjadikan TNBB ini begitu sering dikunjungi baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

TNBB berada di 2 kawasan, yaitu Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Jembrana, Bali. Sekitar 160 spesies hewan dan tumbuhan dilindungi di taman nasional ini. Hewan-hewan seperti Banteng, Rusa, lutung, dan aneka burung.

Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat terakhir untuk menemukan satu-satunya endemik Bali yang hampir punah, curik bali di habitat aslinya.

Baca juga : Dua WNA Singapura Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Impor Limbah Tanpa Izin

Pada kesempatan kunjungan tersebut, Menteri LHK Siti Nurbaya juga melakukan pembahasan terkait bidang tugas KLHK bersama Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE).

Hadir pula Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL), Plt. Inspektur Jenderal KLHK, Staf Ahli Menteri LHK, Tenaga Ahli Menteri LHK, dan pejabat lingkup KLHK pusat dan Provinsi Bali. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.