Dark/Light Mode

Gus Halim: Budaya Pondasi Semua Tatanan Kehidupan

Minggu, 21 Januari 2024 19:01 WIB
Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, saat menghadiri Festival Budaya Desa di Desa Kedungbetik, Kecamatan Kesamben, Jombang, Jawa Timur, Minggu (21/1/2024).
Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, saat menghadiri Festival Budaya Desa di Desa Kedungbetik, Kecamatan Kesamben, Jombang, Jawa Timur, Minggu (21/1/2024).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyatakan, setiap wilayah mulai dari tingkat desa hingga negara miliki dasar budaya.

Landasan budaya menjadi sangat penting. Bahkan Pancasila pun dibangun dengan landasan budaya.

"Itulah alasan Pancasila begitu menyatu dengan bangsa Indonesia karena digali dan dibangun atas dasar budaya," kata Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, saat menghadiri Festival Budaya Desa di Desa Kedungbetik, Kecamatan Kesamben, Jombang, Jawa Timur, Minggu (21/1/2024).

Baca juga : Wujudkan Budaya Literasi, Perpusnas Tajamkan Program pada 2024

Budaya merupakan pondasi seluruh tatanan kehidupan bermasyarakat maupun pemerintahan.

"Budaya itu pondasi semua tatanan, karena kehidupannya kita dibangun atas budaya," kata Profesor Kehormatan UNESA ini.

Ditegaskan Gus Halim, sila-sila dalam Pancasila telah menunjukkan identitas bangsa Indonesia yang berketuhanan hingga berkeadilan sosial.

Baca juga : Gus Halim Ingatkan Pembangunan Desa Harus Jadi Prioritas Indonesia

Budaya disebut Gus Halim bakal jadi penuntun yang luar biasa. Ini jadi alasan dirinya hadir dalam Festival Budaya Desa yang diinisiasi Komunitas Muda Berta.

Mantan Ketua DPRD Jatim ini berharap desa-desa lain bisa menggali dan terus kembangkan budaya desa karena bisa menjadi identitas tersendiri.

Gus Halim juga berbangga karena hampir seluruh wilayah miliki acara Selamatan Desa yang digelar setiap tahun.

Baca juga : Niat Puasa Bulan Rajab Beserta Tata Cara, Dalil Dan Keutamaannya

"Ini hal yang membanggakan karena masing-masing desa miliki upacara untuk mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT," ujarnya.

Festival Budaya Desa yang diinisiasi Komunitas Muda Berta ini digelar di bDesa Kedung Betik untuk menggugah pemuda desa melestarikan kekayaan budaya dan kearifan lokal.

Turut hadir dalam Festival Budaya Desa ini Direktur Sosial Budaya PDP Teguh Hadi Sulistiono, Ketua Yayasan Miftahul Ulum Dero H Mukhib, Koordiantor Provinsi Tenaga Pendamping Profesional Maghfuri Ridwan, Forkompimda Jombang, perangkat desa Kedungbetik dan para pendamping desa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.