Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemnaker Gelar Workshop Penyusunan Informasi Jabatan Di 15 Sektor

Minggu, 10 Oktober 2021 20:00 WIB
Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Dirjen Binapenta dan PKK), Suhartono
Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Dirjen Binapenta dan PKK), Suhartono

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya digitalisasi terus dilakukan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Salah satunya, pencanangan digitalisasi suatu jabatan yang ter-update ke dalam portal Kemnaker, seperti Sistem Ketenagakerjaan (Sisnaker) atau Karirhub.

Untuk itu, Kemnaker menggelar Workshop Penyusunan Informasi Jabatan di 15 Sektor. Workshop ini diselenggarakan di Jakarta selama tiga hari, Kamis hingga Sabtu (7-9/10/2021). "Workshop penyusunan informasi jabatan di 15 sektor ini sangat penting," kata Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Dirjen Binapenta dan PKK), Suhartono, Minggu (10/10/2021).

Baca juga : Kemnaker Klarifikasi Viral Curhat Gaji Dipotong

Dia menyatakan, penyusunan informasi jabatan di 15 sektor merupakan langkah penyediaan satu set kerangka klasifikasi jabatan yang komprehensif. Hal ini sebagai alat mengorganisir jenis jabatan yang didefinisikan secara jelas kelompoknya, sesuai tugas yang dilakukan dalam pekerjaan.

"Ini agar dapat digunakan untuk keseragaman dalam pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis data jenis jabatan dalam statistik ketenagakerjaan," ujarnya.

Baca juga : Kemnaker Bangun Ekosistem Satu Data Ketenagakerjaan

Suhartono pun meminta stakeholders yang menjadi peserta workshop ini memberi masukan tentang jabatan-jabatan baru yang ada di sektor masing-masing. Sehingga nantinya, dimasukan ke Kamus Jabatan Nasional untuk memperkaya jumlah jabatan yang dapat diinformasikan kepada pencari kerja.

Alhasil, para pencari kerja dapat memilih jabatan sesuai latar belakang pendidikan, keterampilan, dan kompetensi. "Berikan informasi atau masukan tentang perkembangan jabatan-jabatan baru pada sektornya masing-masing, yang saat ini kemungkinan belum terdapat dalam buku KBJI (Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia 2014)," ungkap dia.

Baca juga : Semen Gresik Borong 3 Penghargaan Pertambangan Dari Kementerian ESDM

Untuk diketahui, penyusunan informasi jabatan di 15 sektor tersebut yaitu sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan; Pertambangan dan Penggalian; Kesehatan Manusia dan Aktivitas Sosial; Hiburan dan Rekreasi; Industri Pengolahan; Pengadaan Listrik, Gas, Uap/Air Panas dan Udara Dingin; Kontruksi; dan Perdagangan Besar dan Eceran.

Selain itu, terdapat sektor Reparasi dan Perawatan Mobil; Pengangkutan dan Pergudangan; Penyediaan Akomodasi dan Penyediaan Makan Minum; Informasi dan Komunikasi; Aktivitas Keuangan dan Asuransi; Pendidikan; Aktivitas Profesional, Ilmiah, dan Teknis; dan Pemerintahan, Pertahanan, dan Jaminan Sosial Wajib. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.