Dark/Light Mode

Kemnaker: TalentHub Jawab Tantangan Masa Depan Angkatan Kerja

Selasa, 28 September 2021 20:10 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia akan memasuki puncak bonus demografi pada periode 2020-2030. Pada periode tersebut, struktur penduduk Indonesia sebagian besar akan diisi oleh penduduk usia muda.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, saat menjadi narasumber pada diskusi bertajuk Ekonomi dan Ketenagakerjaan di Era Kenormalan Baru secara virtual, Senin (27/9).

Baca juga : Kunker Ke Riau, Presiden Tanam Mangrove Bersama Masyarakat

"Angkatan kerja ke depan akan lebih banyak diisi anak-anak muda. Kalau ini kita tidak kelola dengan baik, maka akan menjadi pembuangan energi yang cuma-cuma," katanya.

Anwar mengatakan, dalam menyikapi tantangan ketenagakerjaan ke depan, Kemnaker menyiapkan sejumlah program. Antara lain, program TalentHub. "Kita ingin TalentHub, termasuk digital talent hub bekerja sama dengan negara-negara ASEAN untuk membuat tempat-tempat keunggulan bagi anak-anak talenta muda. Misalnya terkait digital agar mereka bisa bekerja sama," ujarnya.

Baca juga : Ketua MPR Usul Pengawasan PPKM Utamakan Keselamatan Rakyat

Program TalentHub ini, Kemnaker akan memberikan fasilitasi berupa pelatihan, mentoring, coaching, dan pengembangan kewirausahaan di bidang digital dan digital kreatif. Termasuk memberikan pengetahuan baru terkait Future Job melalui podcast. Melalui fasilitas ini, dia memiliki target melahirkan wirausaha baru di bidang digital dan digital kreatif.

"Sebagaimana yang selalu disampaikan Bu Menteri Ida Fauziyah, harapannya TalentHub ini juga akan memberikan dampak bola salju berupa peningkatan lapangan kerja dan ekonomi masyarakat," ungkap dia.

Baca juga : KAI Terus Berinovasi, Wagub Jabar Ajak Warganya Gunakan Kereta Api

Lebih lanjut, Anwar menegaskan, TalentHub di Indonesia tengah dikembangkan di sejumlah kota. Seperti di Bandung, Serpong, dan Batam. Kemnaker juga membuka Talent Corner yang berada di seluruh Balai Latihan Kerja (BLK) Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) yang ada di beberapa kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

"Talent corner itu sebuah pojok, di mana anak muda ketika mengikuti pelatihan, mereka kita berikan ruang leluasa. Kadang kala kita undang juga lembaga-lembaga keuangan untuk bisa membantu," tutur mantan Sekjen Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) itu. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.