Dark/Light Mode

Belajar Kearifan Dari Dua Tokoh:

Al-Gazali Dan Ibn Rusyd (1)

Rabu, 24 November 2021 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Al-Gazali yang bernama lengkap Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad Al-Thusi, Abu Hamid Al Ghazali, yang di Indonesia lebih populer dengan nama Imam Al-Gazali. Ia lahir di kota Thusi pada tahun 450H/1058M dan wafat tahun 505H /1111M. Sedangkan Ibn Rushd yang bernama lengkap Abu al-Walid Muhammad ibn Ahmad Ibn Muhammad ibn Ahmad ibn Ahmad ibn Rusyd, yang di Eropa lebih dikenal dengan Averroes. Ia wafat di Cordova, Andalusia, Spanyol sekarang, pada tahun 520H/1126M. Ia wafat 15 tahun setelah wafatnya rivalitas intelektualnya, Abu Hamid al-Ghazali.

Baca juga : Teologi Sperma, Darah Dan Air

Di dalam buku Agil Al-Mahdali, sebuah disertasi yang dinilai cum laude di Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar Mesir, dijelaskan bahwa keluarga Al-Gazali ada sembilan orang dan masing-masing sering dipanggil Al-Gazali dan semuanya ilmuan serta hampir semuanya penulis.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.