Dark/Light Mode

Islam dan Kesehatan Masyarakat (1):

Konsep Sehat Dalam Al-Qur`an (2)

Kamis, 2 Desember 2021 06:26 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Kebersihan dan kesehatan di dalam masyarakat mendapatkan perhatian khusus di dalam Islam. Dalam kitab-kitab standar keislaman (baca: Kitab Kuning), setebal apapun kitab-kitab itu hampir seluruhnya diawali dengan bab kebersihan (kitab al-thaharah). Dengan demikian, fisi kitab-kitab kuning itu sejalan dengan visi dunia kesehatan kita yang menganggap kebersihan sebagai pangkal kesehatan.

Baca juga : Konsep Sehat Dalam Al-Qur`an (1)

Jika suatu masyarakat mengalami over-maskulin maka fenomena persaingan ketat, kekerasan, ketegangan, penaklukan, dan mungkin penjarahan, seringkali mewarnai masyarakat tersebut. Sebaliknya jika over-feminin maka masayarakat tersebut akan diwarnai oleh ketenangan, stabilitas, dan cenderung passif. Tentu yang ideal ialah keseimbangan anatar kualitas spiritual feminine-maskulin, yang ditandai dengan adanya suasana kompetisi positif dan saling menghargai satu sama lain.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.