Dark/Light Mode

Keteguhan Bima Meredam Tsunami

Senin, 24 Desember 2018 08:53 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Kita berduka lagi. Rentetan bencana seakan tidak mau berhenti di negeri ini. Gelombang tsunami menerjang Selat Sunda Sabtu malam. Masyarakat yang sedang menyambut liburan akhir tahun daerah wisata Tanjung Lesung dan Anyer menjadi korban tsunami.

Selain korban jiwa dan rusaknya infrastruktur, dampak tsunami Selat Sunda akan mematikan potensi daerah tujuan wisata yang selama ini sudah dipromosikan secara intensif. “Cobaan ini harus kita terima dengan ikhlas, Mo. Mungkin ini peringatan bagi kita semua untuk saling introspeksi diri,” celetuk Petruk.

Baca juga : Tim Jaya Raya Menang Telak

Romo Semar ikut prihatin dan sedih dua personel group band Seventeen jadi korban tsunami. Padahal sedang menghibur masyarakat di Tanjung Lesung. Romo Semar berharap keteguhan dan kesabaran masyarakat bisa mencontoh Bima dalam menghadapi bencana.

Kocap kacarito, Bima sempat ragu menerima perintah dari gurunya Pandito Durno untuk mencari air kehidupan suci di tengah samudera. Di tengah keraguan Bima sebelum masuk ke dalam samudera, ada sepasang burung pipit yang bisa berbicara layaknya manusia.

Baca juga : Setan, Yang Merobek Bendera Demokrat

Burung tersebut seolah ‘nyemoni’ terhadap Bima. Percakapan burung pipit kurang lebih sebagai berikut; hidup itu ibarat sandiwara yang penuh dengan cobaan. Kalau kita bisa menerima cobaan itu dengan tulus dan ikhlas, maka kita akan lulus menghadap Sang Khalik.

Akan tetapi kalau kita tidak mampu menerima cobaan hidup, maka akan sasar susur hidupnya. Jangankan hanya menghadapi besarnya ombak samudera, ditelan ular naga harus dihadapi’.

Baca juga : Kejahatan Di Atas Kejahatan

Bima mendengar sindiran burung pipit tersebut hatinya terbuka. Maka tanpa ragu Bima langsung masuk ke dalam laut dan menerjang ganasnya ombak samudera.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.