Dark/Light Mode

Keteguhan Bima Meredam Tsunami

Senin, 24 Desember 2018 08:53 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

 Sebelumnya 
Keteguhan Bima untuk mencari air kehidupan suci sudah bulat. Manusia ibarat wayang yang digerakkan oleh sang dalang. Mati dan hidupnya manusia hanya Tuhan yang tahu. Bima berhasil melalui semua ujian dan cobaan.

Akhirnya ketemu Dewa Ruci yang mengajarkan ‘sangkan paraning dumadi’ yakni arti kehidupan yang sejati. Bima mendapat wejangan hidup itu apa, dari siapa dan hidup itu untuk apa. Hidup adalah cobaan. Dan hidup berasal dari Sang Khalik. Kita hidup untuk menghadapi cobaan yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Baca juga : Tim Jaya Raya Menang Telak

“Hubungannya apa Mo, Bima dengan bencana tsunami Selat Sunda,” sela Petruk Penasaran. “Bagi orang yang beriman, nikmat dan cobaan harus kita terima dengan sabar,” jawab Romo Semar.

Seperti halnya Bima menerima cobaan dari Pandito Durno untuk masuk ke tengah samudera. Orang yang bisa menerima cobaan dengan sabar, maka akan ringan dalam menghadapi hidup ini.

Baca juga : Setan, Yang Merobek Bendera Demokrat

Makanya kenapa Dewa Ruci digambarkan mirip wujudnya dengan Bima. Memiliki makna kenalilah dirimu dalam menghadapi cobaan hidup. Muhasabah dan introspeksi diri di akhir tahun akan memberikan kekuatan dalam menyongsong tahun baru. Keteladanan untuk bermuhasabah dapat dimulai dari diri sendiri.

Tidak perlu saling menyalahkankan seperti apa yang dilakukan para elite politik saat ini. Tiga bulan sudah masa kampanye kedua pasangan capres dan cawapres, isinya saling menyerang mencari kesalahan pihak lawan.

Baca juga : Kejahatan Di Atas Kejahatan

Bukannya adu program dalam menghadapi tantangan ekonomi global, tapi justru kampanye yang membuat kegaduhan masyarakat. Kampanye tidak innovatif minim keteladanan, maka tidak heran kalau cobaan demi cobaan melanda negeri ini. Sumonggo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.