Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (14)

Keutamaan PemimpinYang Adil (1)

Senin, 5 Oktober 2020 08:46 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - SEBUAH hadis penting dari Abu Said al-Khudri, Nabi bersabda: Sesungguhnya orang yang paling dicintai oleh Allah di hari kemudian, dan paling dekat tempat duduknya dari-Ku adalah seorang pemimpin yang adil. Dan sesungguhnya orang yang paling dibenci oleh Allah di hari kemudian, dan siksaannya sangat pedih adalah pemimpin yang curang”. (HR Ahmad, Al-Mustadrak, jilid 3, halaman 55).

Dalam hadis lain dikatakan, dari Abu Hurairah, Nabi bersabda: Tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah di hari kiamat dimana tidak ada naungan pada hari itu kecuali naungan-Nya:

Baca juga : Batas Tanggung Jawab Pemimpin (2)

1) pemimpin yang adil.
2) seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Alla.
3) seorang lelaki yang mengingat Allah dalam kesunyian sambil menetes air matanya.
4) seorang lelaki yang hatinya selalu terpaut dengan masjid.
5) dua orang lelaki yang bersahabat karena Allah.
6) seorang lelaki yang diajak berbuat zina oleh seorang perempuan yang cantik dan berpangkat, lalu ia mengatakan: aku takut kepada Allah.
7) dan seorang lelaki yang bersedekah lalu ia merahasiakan sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang dilakukan oleh tangan kanannya”. (HR Bukhari, Sahih Bukhari, Jilid 2, halaman 517 dan HR Muslim, Sahih Muslim, Jilid 3, halaman 93).

Dari hadis lainnya ialah Riwayat dari Abdullah bin Amr bin ‘Ash, Nabi bersabda: Sesungguhnya orang-orang yang berlaku adil di sisi Allah akan berada di atas mimbar yang dipenuhi cahaya, yaitu orang-orang yang berlaku adil dalam kekuasaannya, keluarganya, dan apa yang mereka jabat. (HR Muslim, Sahih Muslim, Jilid 6, halaman 7).

Baca juga : Batas Kepatuhan Terhadap Pemimpin (1)

Hadis lainnya, dari Ibnu ‘Abbas RA berkata: Nabi bersabda: Seorang pemimpin yang berlaku adil sehari saja jauh lebih mulia daripada beribadah 60 tahun. Dan hukuman yang ditegakkan dengan benar di muka bumi akan jauh lebih mulia daripada hujan selama 40 tahun.” (HR Baihaqi, Assunan al-Kubra’, Jilid 8, halaman 162)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.