Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW 10)

Pejabat Tidak Boleh Kebal Nasihat (1)

Minggu, 27 September 2020 06:49 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Menasehati pejabat dengan maksud luhur sesuatu yang dianjurkan Rasulullah SAW. Suatu ketika Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah ridha tiga hal untukmu, dan murka tiga hal untukmu. Allah ridha untukmu untuk menyembahnya dan tidak mensekutukanNya, berpegang teguh kepada taliNya dan tidak berceraiberai, dan engkau memberikan nasehat kepada siapa yang telah Allah amanahkan suatu tugas untuk urusanmu, dan Allah murka padamu dari perkataan ini dan itu, membuang harta, dan banyak bertanya/meminta.” (HR Baihaqi, Syuabu AlIman, Jilid 6. halaman 59).

Dalam hadis lain diriwayatkan oleh Al Nu’man bin Basyir memberitakan, Nabi bersabda: “Tiga hal dimana hati seorang Muslim tidak dengki, ikhlas beramal karena Allah, menasehati para penguasa, dan senantiasa bersama orang-orang muslim. Sesungguhnya ajakan atau dakwah mereka meliputi di belakang mereka”.

Riwayat lain memberitakan Nabi bersabda melalui Riwayat Tami Addari, yang mengatakan: “Sesungguhnya agama itu adalah nasehat, sesungguh nya agama itu adalah nasihat, sesungguhnya agama itu adalah nasihat”.

Baca juga : Mau Perpanjang SIM di Jakarta? Hari ini Cuma Sampai Jam 12 Siang

Lalu ada yang bertanya: “Untuk siapa wahai baginda Nabi. Nabi mengatakan: “Untuk Allah, untuk kitabNya, untuk rasulNya, untuk para ulama/pemimpin orang-orang mukmin, dan untuk semuanya”. Ia berkata: Perkataan hak yang diucapkan kepada seorang penguasa yang curang.

Dalam hadis lain dijelaskan, telah datang seorang lelaki kepada Nabi, lalu bertanya kepadanya: Manakah jihad yang paling baik? Nabi berkata: Perkataan hak yang ditujukan kepada seorang penguasa yang curang/ zalim. (HR Ahmad, Al Musnad, Jilid 4, halaman 314).

Berdasar pada hadis-hadis tersebut di atas, Allah ridha terhadap hambaNya dengan tiga hal:

Baca juga : Jangan Menghukum Sebuah Keyakinan

1) Allah ridha dengan hanya menyembah kepadaNya dan tidak mensekutukanNya.

2) Berpegang teguh kepada aturan-aturanNya dan tidak meremehkan atau mengabaikannya.

3) senantiasa memberikan nasihat kepada para pemimpin yang diberikan amanah untuk menangani urusan manusia. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.