Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (14)

Keutamaan Pemimpin Yang Adil (2)

Selasa, 6 Oktober 2020 05:57 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Janji Allah SWT begitu istimewanya kepada pemimpin yang adil. Mulai dari cinta Allah SWT dan kedudukan lebih dekat denganNya, istana naungan di bawah ‘Arasy di Padang Makhsyar yang matahari tinggal sejengkal di atas kepala, sampai kepada lebih mulia dari beribadah selama 60 secara terus menerus, sampai kepada lebih mulia daripada turun hujan atau panen 40 tahun.

Menjadi pemimpin yang adil memang sangat tidak mudah. Godaannya luar biasa sehingga memang pantas dibalas dengan jawaban setimpal. Godaan boleh jadi berasal dari keluarga terdekat, semisal pengaruh isteri atau anak-anak untuk hidup mewah atau keluar dari penderitaan dengan cara menghalalkan segala cara.

Baca juga : Keutamaan PemimpinYang Adil (1)

Bisa jadi juga dari dalam diri yang bersangkutan sendiri, yang sudah kebelet nafsu sehingga terlena untuk melakukan hal-hal di luar batas kepantasan, apalagi jika sudah tenggelam di dalam lumpur dosa dan maksiyat di belakang kursi jabatannya.

Keadilan pemimpin merupakan hidayah dan karunia besar Allah SWT kepada kekasihNya. Jika seorang pemimpin sudah berusaha menjangkau asas keadilan di dalam memimpin masyarakat dan keadaan itu dipertahankan hingga masa terakhir usia produktifitasnya sebagai pemimpin, maka bergembira dan bersyukurlah karena sudah menjadi manusia langkah.

Baca juga : Batas Tanggung Jawab Pemimpin (2)

Jika seorang pemimpin di masa kepemimpinannya terlanjur menjalankan pemerintahannya dengan tidak adil, lalu bertaubat dan konsisten mempertahankan asas keadilan di dalam memimpin masyarakat maka termasuk pula pemimpin yang adil (alimam al‘adil). Mudah-mudahan tobatnya diterima dan husnul khatimah. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.