Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (17)

Keutamaan Pemimpin Yang Adil (1)

Senin, 12 Oktober 2020 06:34 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Keutamaan pemimpin yang adil banyak diungkap kan di dalam hadis. Di antaran-ya ialah dari Abu Said Al-Khudri, Nabi bersabda: Sesungguhnya orang yang paling dicintai oleh Allah di hari kemudian, dan paling dekat tempat duduknya dari-Ku adalah seorang pemimpin yang adil. Dan sesungguhnya orang yang paling dibenci oleh Allah di hari kemudian, dan siksaannya sangat pedih adalah pemimpin yang curang. (HR Ahmad, Al-Mustadrak, Jilid 3, halaman 55).

Dalam hadis lain diriwayatkan dari Abu Hurairah, Nabi bersabda: Tujuh go longan yang akan dinaungi oleh Allah di hari kiamat dimana tidak ada naungan pada hari itu kecuali naungan-Nya:

1) Pemimpin yang adil

Baca juga : Reartikulasi Spirit Fikih

 2) Seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allah

3) Seorang lelaki yang mengingat Allah dalam kesunyian sambil menetes air matanya

4) Seorang lelaki yang hatinya selalu terpaut dengan masjid

Baca juga : Tidak Bermasabodo Terhadap Kemungkaran

5) Dua orang lelaki yang bersahabat karena Allah

6) seorang lelaki yang diajak berbuat zina oleh seorang perempuan yang can tik dan berpangkat, lalu ia menga-takan: aku takut kepada Allah

7) Dan seorang lelaki yang bersedekah lalu ia meraha siakan sehingga tangan kiri nya tidak tahu apa yang dilakukan oleh tangan kanannya. (HR Bukhari, Sahih Bukhari, Jilid 2, halaman 517, HR Muslim. Sahih Muslim, Jilid 3, halaman 93).

Baca juga : Keutamaan Pemimpin Yang Adil (2)

Hadis lain juga disampaikan oleh Abdullah bin Amru bin Ash, Nabi bersabda: Sesungguhnya orang-oarng yang berlaku adil di sisi Allah akan berada di atas mimbar yang dipenuhi cahaya, yaitu orang-orang yang berlaku adil dalam kekuasaannya, keluar ganya, dan apa yang mereka jabat. (HR Baihaqi, Assunan al-Kubra, Jilid 8, halaman 162).  ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.