Dark/Light Mode

Luncurkan EPI Report 2021, EF: Indonesia Urutan 80 Dari 112 Negara Di Dunia

Senin, 29 November 2021 17:41 WIB
Foto: Antara
Foto: Antara

 Sebelumnya 
Dari segi skor EPI, Indonesia memperoleh 466 poin, sedikit meningkat dari skor tahun lalu yang ada di angka 453. Meskipun terjadi peningkatan skor, tahun ini Indonesia masih tetap berada pada kategori “rendah” untuk kecakapan Bahasa Inggris.

Secara global, capaian skor EPI Indonesia bahkan masih berada di bawah rerata skor EPI global yang berada pada angka 503.

Dibandingkan dengan sejumlah negara tetangga, capaian EPI Indonesia pada tahun ini berada jauh di bawah Singapura, Filipina, dan Malaysia yang berhasil menempati posisi tiga besar EPI di kawasan Asia.

Baca juga : Menkominfo: Presidensi G-20 Indonesia Harus Berkesan Bagi Masyarakat Dunia

Singapura sebagai negara dengan capaian EPI tertinggi di Asia berhasil menempati peringkat empat EPI secara global dan masuk dalam kategori “kecakapan sangat tinggi”.

Adapun, Filipina dan Malaysia secara berturut berada pada peringkat 18 dan 28 secara global dan dikategorikan sebagai negara dengan “kecakapan tinggi” dari segi kemampuan Bahasa Inggrisnya.

Manajer Bidang Akademik EF Adults Indonesia, Yunita Yanti menyebut bahwa lebih dari sekedar memperlihatkan data, EF EPI juga memberikan sejumlah rekomendasi aksi bagi beragam aktor, mulai dari pemerintah, swasta, lembaga pendidikan, dan tentunya individu dalam upaya meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris.

Baca juga : Arema FC Vs Barito Putera, Ajang Unjuk Konsistensi

“Salah satu rekomendasi kami adalah pentingnya sebuah negara untuk memprioritaskan penggunaan Bahasa Inggris seperti yang telah dilakukan oleh banyak negara pada kategori kecakapan Bahasa Inggris yang “Tinggi” dan “Sangat Tinggi” pada hasil laporan ini,” terang Yunita.

Turut hadir dalam agenda hari ini, dokter sekaligus lulusan magister Harvard T.H. Chan School of Public Health, Nadhira Afifa. Pada kesempatan tersebut, ia membagikan pandangannya terkait pentingnya penguasaan Bahasa Inggris bagi kalangan dewasa dan usia produktif dalam pengembangan pendidikan dan karir.

Selain itu, ia juga turut membagikan kiat-kiat belajar Bahasa Inggris dari pengalaman pribadinya. Dokumentasi lengkap Peluncuran Laporan Indeks Kecakapan Bahasa Inggris kali ini dapat ditonton melalui saluran YouTube EF Adults. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.