Dark/Light Mode

Aliando Syarief Idap OCD Sejak SD, Saatnya Pahami Gangguan Mental

Jumat, 28 Januari 2022 20:09 WIB
Aliando Syarief (Foto Instagram/Aliandoo)
Aliando Syarief (Foto Instagram/Aliandoo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengakuan aktor Aliando Syarief terhadap gangguan mental atau mental illness atau kadang disebut mental disorder membuat para fans tersentak. Hal ini menjadi pemicu untuk belajar mengenal diri. Sebab, banyak orang yang tidak menyadari mereka mengalami gangguan mental.

Sebagaimana dituturkannya dalam siaran langsung di Instragram, Kamis (27/1), Aliando mengakui didiagnosis menderita gangguan obsesif kompulsif atau Obsessive Compulsive Disorder (OCD) sejak 2019.

Baca juga : 2 Tahun Ngilang, Aliando Syarief Berjuang Kontrol Mental Illness OCD

Inilah sebabnya ia sempat vakum dari dunia hiburan. Lelaki 25 tahun ini mengaku kondisinya cukup ekstrem, membuatnya seperti berdebat dengan pikirannya sendiri.

"Cukup mengganggu karena rasanya campur aduk. kita kayak berantem sama pikiran sendiri. (Misalnya) Lagi main tiba-tiba disuruh ngulang sama pikiran gue. Kalau nggak, akan ada yang celaka," tutur pemain Ganteng-ganteng Serigala (GGS) ini.

Baca juga : Jangan Kendor Lawan Corona, Jaga Daya Tahan Tubuh Dan Mental

Ia menambahkan, dirinya sudah mengalami gejalanya saat masih kelas 2 SD. Kondisinya kemudian stabil. Lalu gangguan itu balik lagi umur 25 sekarang.

Apa Itu OCD
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.