Dark/Light Mode

2 Tahun Ngilang, Aliando Syarief Berjuang Kontrol Mental Illness OCD

Jumat, 28 Januari 2022 12:21 WIB
Aliando Syarief (Foto Grid.ID/Siti Sarah Nurhayati)
Aliando Syarief (Foto Grid.ID/Siti Sarah Nurhayati)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aktor Aliando Syarief (25) blak-blakan mengungkapkan kabar mengenai dirinya setelah sekitar dua tahun menghilang dari layar kaca dan media sosial. Pemeran Dono dala film Warkop DKI Reborn itu mengaku mengidap gangguan mental atau gangguang jiwa (mental illness) OCD (Obsessive Complusive Disorder).

"Saya kena OCD, makannya kenapa enggak keluar dua tahun," ucapnya anak muda bernama lengkap Muhammad Ali Syarief Alkatiri itu saat melakukan siaran langsung di Instagram pribadinya pada Kamis, 27 Januari 2022. Ia membuat pengakuan tersebut demi menghindari munculnya kabar-kabar yang tidak akurat di luaran. 

Baca juga : Awal Tahun 2022, Polda Metro Gelar Kembali SIM Keliling

Aliando melanjutkan, OCD yang dirinya idap itu tergolong ekstrem. Sebab, ia harus berjuang mengontrol kesulitan  yang ia alami dalam melakukan aktivitas keseharian. Aktivitas ringan seperti jalan-jalan, naik mobil, hingga mandi, sangat sulit ia lakukan.

"Enggak bisa liburan, untuk mandi aja gue gak bisa lho. Mandi itu susah, kayak mau jalan naik mobil atau ngambil barang itu sulit," lanjutnya.

Baca juga : Libur Tahun Baru, Sandi Cek Penerapan Prokes Di Ancol

"Mandi si mandi tetap, tapi mandinya bayangin butuh perjuangan. Kayak gue lagi mandi tiba-tiba lu garuk kepala sampai tengkorak gitu," sambungnya.

Dalam perjuangannya untuk sembuh, Aliando kini tengah menjalani terapi. Disampaikan Ali, ia harus melakoni terapi selama beberapa tahun untuk bisa sembuh lagi. Hal itulah yang membuatnya berhenti dari kegiatan syuting terakhirnya yakni, sinetron Keajaiban Cinta.

Baca juga : Tutup Tahun 2021, Sharp Indonesia Borong 6 Penghargaan Prestisius

"Gue kena OCD jadi harus terapi setahun lebih, makannya gue kenapa harus putus di Keajaiban Cinta proyek sinetron itu," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.