Dark/Light Mode

Lebih Tahan Lama, Bikin Rendang Sapi Dari Daging Kurban

Minggu, 10 Juli 2022 14:26 WIB
Rendang sapi. (Foto: Istimewa)
Rendang sapi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban. Ada tiga jenis daging yang diterima saat menerlma hewan kurban; daging sapi, daging domba dan daging kambing.

Salah satu resep mengolah daging kurban adalah rendang. Rendang sapi tepatnya. Kenapa rendang? karena masakan jenis ini lebih awet dihidangkannya.

Bagaimana membuatnya rendang sapi, berikut bahan dan bumbu-bumbunya.

Bahan-bahan: 

1. Siapkan 500 gram daging sapi di bagian dada yang sudah dicuci. Iris daging dengan ketebalan 1 cm dan lebar sesuai selera.

2.. Siapkan santan kental yang berasal dari 2 butir kelapa dengan ukuran air 500 ml. Lalu sisa amaps kelapa bisa digunakan lagi dan dibuatkan kembali santan encer sekitar 300 ml.

Baca juga : Mabuk, Bagnaia Terancam Sanksi Dari Ducati

3. 4 cm lengkuas.

4. 5 lembar daun jeruk.

5. 3 lembar daun salam.

6. 3 batang serai yang diambil putihnya lalu dimemarkan.

7. 10 butir bawang merah.

8. 5 butir bawang putih.

Baca juga : Sagunesia, Terobosan Baru Kementan Solusi Hadapi Krisis Pangan

9. 2 lembar daun salam.

10. 2. sendok makan gula merah, 1,5 sendok teh garam

Bumbu Yang dihaluskan:

13 siung bawang merah 6 siung bawang putih

Cara membuatnya:

1. Daging yang sudah diiris-iris, digeprek pelan-pelan di pengulekan supaya merata dan agak menipis. Setelah semua daging digeprek.

Baca juga : Hikmahbudhi: Zaman Jenderal Sigit, Polri Demokratis dan Terbuka

2. Nyalakan kompor dengan api sedang. Daging yang sudah digeprek dimasukkan ke dalam penggorengan ukuran diameter 30 cm. Lumuri daging dengan bumbu halus. Biarkan bumbu meresap pelan-pelan.

3. Masukan batang serai, lengkuas yang sudah digeprek, daun kunyit, daun salam, daun jeruk. Diamkan kira-kira 20 menit sampai mewangi.

4.Masukan santan encer ke dalam daging yang sudah penuh bumbu. Setelah mendidih dan meresap ke dalam daging, masukan lagi santan kental dengan keadaan api kecil. Biarkan santan meresap dan matang ke dalam bumbu dengan api kecil.

5. Setelah daging empuk dan bumbu meresap, daging siap disajikan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.