Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Hidup Sehat, FKG Usakti Berikan Tips Cegah Trauma Gigi Dan Mulut

Sabtu, 23 Juli 2022 11:32 WIB
Foto: Dok FKG Usakti
Foto: Dok FKG Usakti

RM.id  Rakyat Merdeka - Trauma pada gigi bisa terjadi kapan saja dan dimana saja baik sengaja atau tidak sengaja, untuk mencegah trauma gigi dan mulut bisa dilakukan secara sederhana.

Hal tersebut dikatakan drg Mikha Sundjojo pada acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) Bekerjasama dengan warga Ibu-ibu PKK warga RW 02 Grogol, Jakarta Barat, akhir pekan lalu.

Baca juga : Yang Tewas Bukan Cuma Brigadir J, CCTV Juga Mati

"Trauma gigi bisa terjadi karena kecelakaan atau karena melakukan olahraga ekstrem, sehingga terjadi benturan keras terhadap gigi yang mengakibatkan gigi patah atau copot," ujar Mikha yang juga ketua pelaksana PkM Usakti dalam keterangannya, Jumat (22/7).

Untuk penolongan pertama saat terjadi benturan keras tersebut, lanjut Mikha, ketika gigi tersebut tanggal atau lepas terutama pada anak-anak maka bisa terselamatkan dengan cara segera ambil gigi yang lepas tersebut, lalu masukan kedalam susu steril atau air liur lalu kita ke dokter gigi kemungkinan bisa di sambung kembali.

Baca juga : Jelang Idul Adha, Kementan Turunkan Tim Pemantau Hewan Kurban

Dengan Tema "Penyuluhan serta Pelatihan Pertolongan Trauma Gigi dan Mulut Sederhana" Pada PkM tersebut dihadiri tim FKG Usakti diantaranya drg Mikha Sundjojo, drg Jeddy, Sp. KGA, drg Bernard O. Iskandar, drg. Deviyanti Pratiwi, drg. Idham Tegar Badruzzaman, drg. Krisnadya Dewa Yanti Widya Putri, Dwi Wahyu, Yolanda Veronika T., Reynalda Oktaviani dan Sasha Wiradjaja.

Sementara itu, Lurah Grogol Agung Triatmodjo, yang hadir pada PkM FKG Usakti mengucapkan terimakasih atas penyuluhan dan pelatihan yang dilakukan dokter gigi dari FKG Usakti kepada masyarakat warga grogol, sehingga memperoleh pengetahuan terkait perawatan dan pencegahan trauma gigi.

Baca juga : Serunya Saleh Husin Jalan Pagi Bersama Para Dokter Gigi Dan Polwan

" Kami berharap penyuluhan serta pelatihan terkait kesehatan gigi dapat dilakukan secara rutin sehingga masyarakat makin mengerti dan paham cara merawat dan menyikat gigi yang benar dan itu dapat disampaikan pada masyarakat," ujar Agung. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.