Dark/Light Mode

PT SKF Dukung Mahasiswa Indonesia Di Kompetisi Mobil Hemat Energi

Minggu, 21 Agustus 2022 11:04 WIB
SKF Indonesia dukung Tim Universitas Negeri pada ajang kompetisi Mobil Hemat Energi (Foto SKF Indonesia)
SKF Indonesia dukung Tim Universitas Negeri pada ajang kompetisi Mobil Hemat Energi (Foto SKF Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berkomitmen dalam peningkatan kualitas pendidikan di Tanah Air, PT Svenska Kullager Fabriken (SKF) Indonesia mendukung para mahasiswa yang berlaga di Kompetisi Mobil Hemat Energi.

Ada lima universitas yang ikut berlaga dalam kompetisi mobil hemat energi, Shell Eco Marathon pada Oktober mendatang yang diikuti peserta dari seluruh Asia. Kelima Universitas negeri tersebut antara lain adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Institut Teknik Bandung dan Institut Teknik Sepuluh Nopember.

PT SKF Indonesia merupakan perusahaan manufaktur bearing (laher) kendaraan roda dua dan roda empat. Application Engineer PT SKF Indonesia Muhammad Abiyyu Hanif mengatakan, kontribusi dukungan dari PT SKF Indonesia, antara lain bentuk dukungan finansial dan komponen yang diperlukan.

Baca juga : KAI Iringi Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat

"Bentuk dukungan yang kita berikan ini selain dari sisi finansial, kita juga turut mendukung tim ini dengan memberikan bearing by request di mana komponen yang kita berikan merupakan prototipe yang belum diproduksi secara massal," ungkap Bayu dalam keterangan resmi, Sabtu (20/8).

Selain itu, berbagai produk dan komponen yang akan digunakan tim Universitas dalam ajang Kompetisi Mobil Hemat Energi, nantinya tidak akan dijual untuk konsumen SKF Indonesia.

"Karena dalam produksinya, bearing ini dihadirkan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh para tim Universitas," jelas dia.

Baca juga : PTPN Group Dukung Gelaran Pasar Kopi Indonesia Di Amsterdam

Dia menjelaskan lebih lanjut bahwa produk prototipe ini secara komposisi sudah menggunakan bahan yang berbeda dengan produk kebanyakan. Bearing yang akan digunakan tim Universitas ini terbuat dari ceramic ball dengan spesifikasi khusus.

"Bedanya dengan kendaraan lain, untuk produk ini mereka mencari bearing yang low friction karena mereka menggunakan bahan ceramic ball. Jadi dengan kata lain, perbedaannya mereka diproduksi kustom dibandingkan produk biasanya," tuturnya.

Komponen yang nantinya akan digunakan tim Universitas pada ajang kompetisi Mobil Hemat Energi ini akan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk pengembangannya tergantung ketersdiaan komponen yang dibutuhkan.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.