Dark/Light Mode

Google Doodle Hari Ini Raja Ali Haji, Pahlawan Nasional Peletak Dasar Bahasa Indonesia

Sabtu, 5 November 2022 10:30 WIB
Doodle Google, Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad. (Tangkapan Layar)
Doodle Google, Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad. (Tangkapan Layar)

 Sebelumnya 
Memasuki usia 20 tahun, Raja Ali Haji dipercaya untuk melaksanakan tugas kenegaraan penting. Bahkan saat menginjak usia 32 tahun, Raja Ali Haji bersama sepupunya, Raja Ali bin Raja Ja'far, ditunjuk untuk memerintah di daerah Lingga.

Tak hanya aktif di dunia politik, semasa hidup, Raja Ali Haji sebagai sastrawan telah banyak menghasilkan mahakarya. Dia menciptakan sebuah buku bertajuk Kitab Pengetahuan Bahasa.

Baca juga : IKN Nusantara Jembatan Emas Peradaban Baru Indonesia

Buku ini berisi tentang kamus Melayu-Johor-Pahang-Riau-Lingga, kamus bahasa Melayu pertama di Nusantara. Dari sinilah Sosok Raja Ali Haji terkenal sebagai orang pertama yang mencatat dasar-dasar tata bahasa Melayu melalui buku Pedoman Bahasa.

Dari sana, bahasa Melayu kemudian dijadikan cikal bakal bahasa Indonesia melalui Kongres Pemuda Indonesia pada 28 Oktober 1928. 

Baca juga : Sah, Nurhasan Jadi Ketua Profesor Olahraga Indonesia

Karya Raja Ali Haji paling tersohor adalah Gurindam Dua Belas, puisi Melayu lama dengan ciri khas istilah tasawuf, kata-kata kiasan, dan metafora.

Karya ini terdiri dari 12 pasal berisi nasihat atau petunjuk hidup. Nasihat tersebut, antara lain terkait ibadah, kewajiban raja, kewajiban anak terhadap orangtua, tugas orangtua kepada anak, budi pekerti, dan hidup bermasyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.