Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes RI Untuk Peru Marina Estella Anwar Bey

247 Warga Peru Belajar Bahasa Indonesia, Yes!

Sabtu, 17 September 2022 07:07 WIB
Dubes RI untuk Peru merangkap Bolivia Marina Estella Anwar Bey. (Foto Tangkapan Layar)
Dubes RI untuk Peru merangkap Bolivia Marina Estella Anwar Bey. (Foto Tangkapan Layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak dibuka pendaftaran satu bulan lalu, sebanyak 247 Warga Negara Peru mendaftar untuk mengikuti kelas Bahasa Indonesia untuk Penutur Bahasa Asing (BIPA) Semester II Tahun Ajaran 2022.

Untuk semester kedua ini, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ibu Kota Peru, Lima, membuka tiga kelas. Yakni dua kelas tingkat pemula (A1, masing-masing 94 peserta) dan satu kelas tingkat lanjutan (A2, dengan 59 peserta).

Kelas BIPA di KBRI Lima telah diadakan sejak 2009 secara tatap muka. Dan, mulai pada 2020 pembelajaran dilakukan secara virtual karena pandemi Covid-19.

Baca juga : Portugal Tertarik Berguru Badminton Dari Indonesia

Pembelajaran dilakukan menggunakan Buku Standar Bahasa Indonesia bagi Penutur Bahasa Asing yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Kelas BIPA Semester II Tahun 2022 akan berlangsung dalam 24 kali pertemuan. Dari tiga tenaga pengajar kelas BIPA, satu di antaranya adalah warga negara Peru alumni Beasiswa Darmasiswa dan Kelas BIPA.

Menurut Duta Besar Indonesia (Dubes RI) untuk Peru merangkap Bolivia, Marina Estella Anwar Bey, selain bahasa Indonesia, para pengajar akan memperkenalkan tentang masyarakat dan budaya Indonesia. Seperti adat istiadat, tarian, masakan khas Indonesia, destinasi wisata Indonesia.

Baca juga : Dubes RI Untuk Korsel Apresiasi Pelatihan Daewoong Bagi Mahasiswa Tanah Air

“Memahami bahasa asing sangatlah penting. Karena dengan demikian, kita dapat memahami masyarakat dan budaya suatu bangsa,” kata Dubes Marina pada Pembukaan Kelas BIPA, 12 September 2022.

Salah satu peserta BIPA, Dokter Reiser Ruiz yang memiliki istri orang Indonesia, sangat antusias untuk mengikuti kelas ini. Dengan mengikuti kursus BIPA ini, ia berharap dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia dengan orangtua dan keluarga besar dari istrinya jika berkunjung ke Indonesia.

Pelaksanaan Kelas BIPA yang diadakan KBRI Lima mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kota Lima. Koordinator Beasiswa Internasional Pemerintah Kota Lima, Betty Coronado Diaz yang hadir pada acara itu, menyampaikan dukungan Pemerintah Kota Lima terhadap pelaksanaan kelas BIPA.

Baca juga : Gelar Festival Indonesia Spice Up The World Di Abu Dhabi

Sejak 2019, Kantor Pemerintah Kota Lima berkolaborasi dengan KBRI Lima dalam berbagai kegiatan promosi Indonesia di sekolah-sekolah maupun masyarakat melalui kelas tutorial memasak masakan Indonesia, penampilan tarian tradisional Indonesia dan pertunjukan alat musik angklung. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.