Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HKN 2022, KlikQu Komit Dekatkan Layanan Kesehatan Buat Pasien

Senin, 14 November 2022 12:04 WIB
Chief Executive Officer (CEO), Founder-KlikQu, Astry Tri Astuti. (Foto: Dok. KlikQu)
Chief Executive Officer (CEO), Founder-KlikQu, Astry Tri Astuti. (Foto: Dok. KlikQu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN)  yang jatuh pada 12 November 2022, platform medical health care KlikQu hadir memberikan terobosan baru dengan semangat mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan tema HKN 2022 yakni ‘Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku’.

Chief Executive Officer (CEO), Founder-KlikQu, Astry Tri Astuti menjelaskan, platform social economic sharing impact di bidang health care ini dibentuk untuk menjawab kebutuhan layanan kesehatan masyarakat akan penyakit kronis.

Sebagaimana diketahui, penyakit kronis tidak menular merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia dan di dunia. Penyakit kronis tidak menular diantaranya adalah gagal jantung, hipertensi, ginjal kronis, sampai dengan diabetes. Beberapa pakar menjelaskan bahwa penyakit kronis adalah the next pandemic.

“Kami mendekatkan layanan kesehatan ini untuk dijangkau secara baik dan cepat untuk masyarakat. Tidak hanya akses saja tapi kami sadar bahwa informasi kesehatan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat secara promotif dan preventif sehingga masyarakat memiliki kesadaran akan kesehatannya,” kata Astry dalam keterangannya, Senin (14/11).

Baca juga : Prof Didik: Negara Wajib Berikan Pelayanan Kesehatan Ke Rakyatnya

Menurut Astry, angka seseorang yang terkena penyakit kronis setiap tahunnya terus meningkat. Oleh karenanya, KlikQu menawarkan sebuah platform one stop medical solution dimana di dalamnya, masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan kesehatan yang dikehendaki.

Mulai dari rumah sakit baik pemerintah maupun swasta terdekat dari lokasi, lab-lab kesehatan, produk kesehatan.

 Sebelumnya KlikQu merupakan transformasi dari platform kesehatan klikdialisis.com,  yang membantu menjembatani akses pelayanan kesehatan dan informasi penyakit ginjal kronis.

Lebih lanjut Astry mengatakan, sstem reservasi daring, platfrom KlikQu memungkinkan para pasien untuk mendapatkan akses layanan kesehatan dimana saja dan kapan saja.

Baca juga : Menkeu Dan Menkes G20 Kukuhkan Komitmen Penguatan Arsitektur Kesehatan Global

Hal ini menjadi jawaban bahwa pasien penyakit kronis sedianya membutuhkan pengecekan secara regular dan rutin.

"Dengan kemudahan ini maka harapan dan kualitas hidup yang lebih baik bisa tercapai," kata Astry.

Akses kesehatan yang didapatkan seperti reservasi daring dialisis untuk pasien ginjal kronis. Juga reservasi pemeriksaan lab bagi kesehatan jantung, hipertensi, hingga diabetes.

Soal harga, Astry menjelaskan, para pasien tidak perlu khawatir. Secara konsep KlikQu akan menjadi jembatan antara pasien dan penyedia layanan kesehatan. Jika pasien tersebut memiiki kartu BPJS Kesehatan dan dicover oleh pemerintah maka pasien dapat menggunakannya.

Baca juga : Lestari Harap Pemimpin G20 Komit Jalankan Nilai Kesetaraan Gender

"Sementara jika akses kesehatan tidak tercover maka harga yang harus dibayarkan sesuai dengan tarif pelayanan rumah sakit," ujarnya.

Tidak hanya kemudahan dalam hal harga, KlikQu juga akan memangkas lebih dari 60 persen proses administrasi yang harus dilakukan oleh pasien jika datang langsung ke rumah sakit. Artinya, pasien tidak perlu lagi datang lebih dini untuk mengambil nomor antrean dan menunggunya di rumah sakit lagi.

“Dengan hadirnya KlikQu, pihaknya berharap tidak hanya para pasien yang terbantu tetapi—lebih dari itu masyarakat yang masih sehat juga dapat terbantu," pungkas Astry. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.