Dark/Light Mode

IKN Tingkatkan Taraf Pendidikan Dan Kesejahteraan Masyarakat

Kamis, 10 November 2022 18:11 WIB
Foto: Ilustrasi/Ist
Foto: Ilustrasi/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memutuskan Kalimantan Timur sebagai lokasi Ibu Kota Negara Baru yang merupakan wujud perubahan peradaban Indonesia dan dapat memberikan pelayanan Pendidikan dan Kesehatan kelas dunia.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kutai Kartanegara Prof Yonathan Palinggi mengapresiasi keputusan Jokowi tersebut, karena telah memilih Kutai Kartanegara (Kukar) dan Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN).

PGRI Kukar mengapresiasi positif dan berterima kasih sekali kepada Presiden Jokowi, yang telah memilih wilayah Kaltim khususnya Kabupaten PPU dan Kabupaten Kukar sebagai kawasan IKN," kata Yonathan dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (10/11).

Konsep pembangunan IKN adalah Indonesia sentris, untuk memberikan dampak nyata terhadap pemerataan pembangunan di berbagai pelosok wilayah tanah air.

Baca juga : Wapres Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan Dengan Mesir

Dengan begitu, Yonathan mengatakan, pembangunan dan angka perekonomian daerah yang tinggi nantinya tidak lagi hanya terpusat di Pulau Jawa. 

Dia yakin, IKN akan membuka kesempatan emas kepada wilayah Kaltim untuk bisa lebih maju setara dengan daerah di Jawa.

"Khususnya di bidang pendidikan maupun kesejahteraan ekonomi," ucapnya.

Yonathan berharap besar, pemerintah pusat dan seluruh ototitas terkait bisa memperhatikan bidang pendidikan agar nantinya Sumber Daya Manusia (SDM) yang lahir dari IKN mampu bersaing dengan SDM luar wilayah mereka.

Baca juga : IKN Tingkatkan Kualitas Pelayanan Pemerintahan Di Kaltim

Di bidang pengembangan SDM itu letak kata kuncinya pada pembangunan lembaga pendidikannya. 

“Sebab itu, PGRI Kukar sudah menyiapkan sekolah bertaraf internasional dari tingkat SD, SMP, SMU, dan Universitas di Jonggon, Kecamatan Loakulu, Kabupaten Kukar yang masuk kawasan IKN," tuntasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi kembali berbicara soal target pembangunan IKN sebagai kota modern. Dia meyakini hal ini akan menjadi semangat bagi semua masyarakat Indonesia untuk mewujudkannya. Namun, kata Jokowi, semua masyarakat harus bergotong royong dalam pembangunan IKN.

Dia menyampaikan bahwa pembangunan IKN merupakan agenda besar pemerintah yang dilakukan untuk kemajuan negara dan bangsa.

Baca juga : Kementan Gandeng TNI Percepat Vaksinasi Dan Penandaan Ternak Di Jateng

Selain itu, Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa pembangunan IKN tidak perlu diragukan lagi.

Menurutnya, pemindahan ibu kota negara ke IKN sudah memiliki payung hukum jelas melalui UU IKN yang telah disetujui oleh DPR.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.